EFEKTIFITAS CARA PEMBERIAN INJEKSI INTRAMUSKULAR DAN PERENDAMAN KLORAMFENIKOL PADA IKAN NILA(Oreochromis niloticus) SEBAGAI HOUSE REFERENCE MATERIAL (UPAYA VALIDASI METODE ANALISA RESIDU ANTIBIOTI)

MOCHAMAD SUHADI, 140941002 (2013) EFEKTIFITAS CARA PEMBERIAN INJEKSI INTRAMUSKULAR DAN PERENDAMAN KLORAMFENIKOL PADA IKAN NILA(Oreochromis niloticus) SEBAGAI HOUSE REFERENCE MATERIAL (UPAYA VALIDASI METODE ANALISA RESIDU ANTIBIOTI). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-suhadimoch-34220-2.abst-k.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

LATAR BELAKANG : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas pembuatan in house reference material antibiotik kloramfenikol dengan cara injeksi intramuskular dan perendaman pada konsentrasi yang berbeda terhadap residu kloramfenikol dan kestabilan reference material tersebut. METODE : 1kan nila diberi perlakuan antibiotik kloramfenikol dengan cam perendaman dan injeksi 1M, hasil residu kloramfenikol dianalisa dengan metode LCMSIMS. Daging ikan nila dibekukan dan selanjutnya di lakukan pembuatan sediaan beku kering. Hasil sediaan beku kering dilakukan uji stabilitas selama seminggu. BASIL: Nilai rata-rata residu kloramfenikol terendah didapatkan pada perlakuan dengm perendaman 3 mgIL sebesar 0,2 1 3 ",glkgt sedangkan tertinggi pada pemberian injeksi 1M 10 mglkg sebesar 0,782 ",gIkg. Perlakuan yang mempunyai nilai mendekati 1 MRPL (Ot3 ",glkg) adalah pemberian Injeksi 1M 3 mglkg. Uji stabilitas pada suhu 4°C dan 18°C selama 1 minggu residu kloramfenikol tidak berubah, sedangkan pada suhu 600C terjadi penurunan 11%. KESIMPULAN: Perlakuan dosis 3 mglkg perberat badan ikan memperoleh basil residu kloramfenikol yang paling mendekati target 1 MRPL(Ot3 ",glkg). sedangkan perlaku8l1 dosis 10 mglkg berat badan ikan basilnya melampui nilai batasan yang ditetapkan. Uji stabilitas menWljukkan bahwa penyimpanan selama satu minngu pada s'fJhu 4°C dan 180C tidak terjadi pembahan pada kadar kloramfenikol dalam in house reference material.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TBPK.12/14 Suh e
Uncontrolled Keywords: ikan nila, residu kloramfenikol, 1 MRPL 0,3, in House reference
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMAD SUHADI, 140941002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMochammad Amin Alamsjah, Ir., M.Si., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 26 Oct 2016 21:36
Last Modified: 26 Oct 2016 21:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39105
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item