AUDIT SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT. SINAR BARU CORPORATION

YAYAN FIRMANSAH, 071142010 (2013) AUDIT SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT. SINAR BARU CORPORATION. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-firmansahy-34251-12.abst-k.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peran sentral dalam mencapai tujuan strategis perusahaan. Seperti halnya sumber daya yang lain, dalam sumber daya manusia seringkali juga ditemukan permasalahan, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan untuk mengatasi permasalahan tersebut agar tidak menggangu pencapaian tujuan strategis perusahaan. PT Sinar Baru Corporation saat ini tengah menghadapi permasalahan SDM yang cukup menyita perhatian manajemen. Human Resource and General Affair berpandangan bahwa ketiga masalah tersebut tidak mungkin muncul secara tiba-tiba, melainkan pasti disebabkan oleh sesuatu hal. Oleh karena itu, sebelum menentukan langkah-langkah guna menyelesaikan masalah tersebut, Human Resource and General Affair terlebih dahulu ingin mengetahui penyebab ketiga masalah tersebut muncul dengan cara melakukan audit sumber daya manusia. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Informan utama dalam penelitian ini adalah Human Resource and General Affair Manager dan dua orang auditor. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tahap-tahap audit sumber daya manusia yang dilaksanakan oleh PT Sinar Baru Corporation telah sesuai dengan teori yang ada. Namun, terdapat empat tahap yang isinya tidak sesuai dengan teori audit SDM: tahap penentuan tujuan audit SDM, penentuan obyek audit SDM, penentuan instrumen audit SDM, dan pelaporan. Isi yang terkandung dalam keempat tahap tersebut lebih mengarah kepada penilaian kinerja dibanding kepada audit SDM. Selain itu, audit sumber daya manusia di PT Sinar Baru Corporation telah dilaksanakan dengan independen dan sistematis, namun belum dilaksanakan secara komprehensif, berkala, dan dilakukan oleh orang yang kompeten.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. TPS. 03-14 Fir a
Uncontrolled Keywords: HR audit, HR audit stages, discrepancy, independent, systematic, comprehensive, periodic, carried out by a competent person
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
YAYAN FIRMANSAH, 071142010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 26 Oct 2016 20:01
Last Modified: 26 Oct 2016 20:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39116
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item