IMPLEMENTASI ALOKASI DANA DESA DI KECAMATAN SESAYAP KABUPATEN TANA TIDUNG

FREDY.P. CORNELIUS, 091144007 (2013) IMPLEMENTASI ALOKASI DANA DESA DI KECAMATAN SESAYAP KABUPATEN TANA TIDUNG. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-corneliusf-34622-7.abstr-k.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Melalui Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa, menunjukkan bahwa secara legalitas, kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah telah menyentuh pada tingkat pemerintahan yang paling bawah yaitu tingkat pemerintahan desa. Pengalokasian Alokasi Dana Desa sebagai sumber pendapatan desa bertujuan untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Oleh karena itu, penganggaran Alokasi Dana Desa dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa harus dilakukan sebaik mungkin, sehingga penggunaannya dapat membuahkan hasil sebagaimana tujuan dari Alokasi Dana Desa tersebut. Penelitian ini berrtujuan untuk mengetahui dan menjelaskan peranan Alokasi Dana Desa sebagai sumber pendapatan desa, serta mengetahui dan menjelaskan implementasi penggunaan Alokasi Dana Desa di Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Data yang kumpulkan melalui bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua peranan Alokasi Dana Desa bagi pelaksanaan pemerintahan desa. Kedua peranan tersebut adalah sebagai sumber pembiayaan bagi pelaksanaan tugas, fungsi dan wewenang pemerintahan desa dan sebagai sarana pemberdayaan secara langsung pemerintah kabupaten/kota pada masyarakat desa. Alokasi Dana Desa di Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung dapat telah berjalan sesuai perundang-undangan. Namun demikian, masih terdapat beberapa faktor penghambat diantaranya sumber daya manusia yang masih belum memadai dan belum ditetapkannya Perda tentang Alokasi Dana Desa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. THPb. 04-14 Cor i
Uncontrolled Keywords: Allocation Fund Village, Autonomy, Village Government.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K4430-4675 Public finance > K4650-4675 State and local finance
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
FREDY.P. CORNELIUS, 091144007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSUKARDI, Dr. S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 27 Oct 2016 20:01
Last Modified: 27 Oct 2016 20:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39175
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item