Penurunan Jumlah Streptococcus Mutans Pada Saliva Anak Pemakai Ortodonti Cekat Setelah Konsumsi Yoghurt

DEWI ANGGREANI BIBI, 021218046303 (2014) Penurunan Jumlah Streptococcus Mutans Pada Saliva Anak Pemakai Ortodonti Cekat Setelah Konsumsi Yoghurt. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-bibidewian-35239-4.abst-k.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Binder4_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan perawatan ortodonti menggunakan alat cekat pada anak-anak meningkat seiring bertambahnya jumlah kasus maloklusi di Indonesia. Namun faktanya penggunaan piranti ortodonti cekat pada anak akan berisiko terjadinya karies disekitar bracket. Tujuan: Meneliti pengaruh konsumsi yoghurt buah dalam jangka pendek terhadap jumlah Streptococcus mutans pada saliva anak pemakai ortodonti cekat. Metode: Jenis penelitian ini eksperimentallaboratoris dengan desain penelitian double blind randomized crossover design. Subyek penelitian adalah 26 anak berusia 11-15 tahun yang sedang menjalani perawatan ortodonti dengan piranti cekat. Subyek dibagi dalam 2 kelompok dengan masing-masing 13 anak. Kelompok A diminta untuk mengkonsumsi 150ml yoghurt Bifidobacterium bifidum dan Lactobachillus acidophilus sekali sehari selama 2 minggu, sedang kelompok B diminta untuk mengkonsumsi susu sekali sehari selama 2 minggu. Setelah periode �washout� selama 2 minggu, kedua kelompok bertukar minuman, kelompok A mengkonsumsi susu sedang kelompok B mengkonsumsi yoghurt selama 2 minggu. Setiap sebelum dan sesudah mengkonsumsi yoghurt dan susu, sampel saliva subyek diambil dan dilakukan penghitungan jumlah koloni Streptococcus mutans pada media TYC. Hasil: Analisastatistik menunjukkan bahwa setelah mengkonsumsi yoghurt jumlah koloni Streptococcus mutans dalam saliva subyek berkurang secara signifikan (p<0,05). Kesimpulan: Konsum siprobiotik yoghurt yang mengandung Bifidobacterium bifidum danLactobachillus acidophillus dapat mengurangi jumlah koloni Streptococcus mutans dalam saliva anak selama perawatan ortodontik cekat.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKA KK PPDGS.PGA.01-14 Bip p
Uncontrolled Keywords: Probiotik yoghurt, ortodonticekat, Streptococcus mutans, Bifidobacteriumbifidum, Lactobachillus acidophilus
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Ilmu Kedokteran Gigi Anak (Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
DEWI ANGGREANI BIBI, 021218046303UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUDIJANTO TEDJOSASONGKO, drg. Ph.D., Sp.KGA (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorIRMAWATI, drg.,M.S., Sp.KGA(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 14 Sep 2016 01:30
Last Modified: 14 Jun 2017 18:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39221
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item