EFEK PEMBERIAN MINOSIKLIN, N-ASETIL SISTEIN DAN KOMBINASI KEDUANYA TERHADAP EKSPRESI HSP 70 PADA SEL PYRAMID, ASTROSIT, OLIGODENDROGLIA DAN MIKROGLIA TIKUS YANG MENDAPATKAN PERLAKUAN CEDERA OTAK PENELITIAN ANALITIK EKSPERIMENTAL

Alfan Syah Putra Nasution (2014) EFEK PEMBERIAN MINOSIKLIN, N-ASETIL SISTEIN DAN KOMBINASI KEDUANYA TERHADAP EKSPRESI HSP 70 PADA SEL PYRAMID, ASTROSIT, OLIGODENDROGLIA DAN MIKROGLIA TIKUS YANG MENDAPATKAN PERLAKUAN CEDERA OTAK PENELITIAN ANALITIK EKSPERIMENTAL. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-nasutional-35298-6.abst-k.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Cedera otak di Indonesia masih menjadi penyebab utama dari kecacatan, kematian dan memerlukan biaya yang tinggi dalam penanganannya sehingga perlu dilakukan usaha yang bersifat terus-menerus untuk mencari obat baru yang berguna dalam strategi pengobatan cedera otak. Tujuan : Mengetahui pengaruh minosiklin, NAC dan kombinasi keduanya terhadap ekspresi HSP 70 pada sel pyramid, astrosit, oligodendroglia dan mikroglia pada penderita cedera otak traumatika. Metode : Penelitian ini menggunakan desaign analitik eksperimental dengan rancangan faktorial. Dalam penelitian ini diteliti efek pemberian obat tunggal minosiklin, obat tunggal NAC dan kombinasi keduanya terhadap ekspresi HSP 70 sel pyramid, astrosit, oligodendroglia dan mikroglia pada hari ke 3,5,7 pasca cedera otak traumatik. Hasil : Pemberian kombinasi minosiklin dan NAC secara bersamaan menunjukkan peningkatan hasil ekspresi HSP 70 pada sel pyramid, astrosit, oligodendroglia dan mikroglia yang signifikan dibandingkan pemberian NAC secara tunggal pada sebagian besar kelompok perlakuan. Peningkatan ekspresi HSP 70 ini hanya terjadi pada awal cedera, selanjutnya ekspresi HSP 70 menurun pada pemberian kombinasi keduanya atau NAC secara tunggal pada pemberian jangka panjang. Pemberian minosiklin secara tunggal tidak terbukti meningkatkan ekspresi HSP 70 secara signifikan pada sebagian besar kelompok perlakuan. Kesimpulan : Pemberian kombinasi minosiklin dan NAC secara bersamaan lebih baik daripada pemberian NAC atau minosiklin secara tunggal dalam meningkatkan ekspresi HSP 70 pada sel pyramid, astrosit, oligodendroglia dan mikroglia hewan coba yang mengalami cedera otak hanya pada awal cedera, tidak pada pemberian kombinasi keduanya secara bersamaan dalam waktu jangka panjang.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKA KK PPDS.IBS.01/14 Nas e
Uncontrolled Keywords: Cedera otak, Minosiklin, NAC, HSP 70
Subjects: R Medicine
R Medicine > RD Surgery
R Medicine > RD Surgery > RD520-599.5 Surgery by region, system, or organ
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Saraf
Creators:
CreatorsNIM
Alfan Syah Putra NasutionUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Turcam, Dr. dr. Sp.BS.UNSPECIFIED
Thesis advisorHARI BASUKI, Dr. dr. MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 27 Oct 2016 20:36
Last Modified: 27 Oct 2016 20:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39227
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item