Pelayanan Pemberdayaan Anak Yatim Pada Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Di Surabaya

Ana Toni Roby Candra Yudha (2015) Pelayanan Pemberdayaan Anak Yatim Pada Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Di Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (88kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2023.

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 KERANGKA PROSES BERFIKIR)
6. BAB 3 KERANGKA PROSES BERPIKIR DAN PROPOSISI.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2023.

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 METODE PENELITIAN)
7. BAB 4 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2023.

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 ANALISIS HASIL PENELITIAN)
8. BAB 5 ANALISIS HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2023.

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6 PEMBAHASAN)
9. BAB 6 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2023.

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 7 PENUTUP)
10. BAB 7 PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2023.

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DA FTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 March 2023.

Download (410kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah Pertama, ada banyaknya adanya lembaga pengelola zakat di Indonesia, baik badan amil zakat maupun lembaga amil zakat yang masih belum bisa secara optimal menghimpun dana zakat, infaq, dan shadaqah (ZISWAF) dari masyarakat. Kedua, masih adanya ketidakpercayaan dari masyarakat terhadap lembaga pengelola zakat dalam menyalurkan dana zakat, infaq, dan shadaqah (ZISWAF), sehingga masyarakat masih mengandalkan cara lama yaitu dengan penyaluran langsung. Ketiga sikap petugas lembaga pengelola zakat dalam melayani mustahiq harus terus ditingkatkan karena hal itu berkaitan dengan kepuasan dan ikatan kekeluargaan antara pihak lembaga amil zakat dengan mustahiq. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif, analisis studi kasus dan metode pencocokan pola dan teknik analisis triangulasi untuk menghasilkan kesesuaian pola jawaban dari informan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kepuasan dan masukan mengenai pelayanan dari para penerima manfaat, yang dilakukan oleh pegawai dan pimpinan lembaga amil zakat Yatim Mandiri. Penelitian ini dilakukan sebagai bahan evaluasi dari prestasi kerja pegawai lembaga amil zakat Yatim Mandiri, yang menitikberatkan pada pelayanan pemberdayaan anak yatim. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, pemberdayaan yang dilakukan oleh Yatim Mandiri meliputi banyak aspek, mulai dari asek ekonomi, pendidikan, layanan kesehatan, kemanusiaan dan aspek lainnya. Kedua, masing-masing aspek tadi, memiliki derivasi dalam bentuk program-program pemberdayaan. Ketiga, Yatim Mandiri sebagai lembaga amil zakat yang fokus pada pemberdayaan anak yatim/dhuafa ternyata juga melakukan pemberdayaan kepada asnaf yaitu kaum miskin, Keempat, Yatim Mandiri sebagai lembaga amil zakat memiliki jumlah donasi infaq dan shadaqah jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah donasi zakat, dengan perbandingan 80:20, dan Kelima, pelayanan yang diberikan oleh Yatim Mandiri kepada kaum dhuafa dan fakir miskin mendapat penilaian yang sangat baik dari para mustahiqnya. Secara keseluruhan, kesimpulan dari penelitian ini adalah Yatim Mandiri sudah menunaikan tugasnya dengan baik yang dibuktikan dengan penilaian yang sangat positif dari mustahiq dan kaum dhuafa, yang juga selalu memberikan perlakuan terbaik (best responsible) dari waktu ke waktu.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSEI.07/14 Yud p
Uncontrolled Keywords: Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri, Pemberdayaan, Pelayanan, Mustahiq
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7260-7780.8 Industrial hygiene. Industrial welfare
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsNIM
Ana Toni Roby Candra YudhaNIM041146006
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhamad Nafik Hadi RyandonoNIDN0019117106
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 28 Oct 2016 22:17
Last Modified: 19 Mar 2020 00:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39243
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item