OPTIMALISASI PRAKTIK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERUSAHAAN(STUDI KASUS DI SKYPORT CAFE BANDAR UDARA JUANDA SURABAYA)

CREMLIN PERDANA KUSUMA, 041143049 (2014) OPTIMALISASI PRAKTIK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERUSAHAAN(STUDI KASUS DI SKYPORT CAFE BANDAR UDARA JUANDA SURABAYA). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s3-2015-kusumacrem-38977-8.-abstr-t.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
gdlhub-gdl-s3-2015-kusumacrem-38977-8.-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik Sumber Daya Manusia (SDM) dan membuat rencana strategis untuk optimalisasi SDM di Skyport Café. Skyport Cafe bergerak di bidang makanan dan minuman ringan cepat saji, dengan konsep take away. Indikator yang digunakan mengacu pada teori yang dikemukakan oleh McCourt dan Eldridge, terdiri dari perencanaan SDM, analisis jabatan, rekrutmen dan seleksi, manajemen kinerja dan penilaian, serta pembelajaran dan pelatihan. Penelitian ini menggunakan metode uji kredibilitas dengan teknik triangulasi. Penentuan informan ditentukan menggunakan teknik snowball sampling. Observasi dan Dokumentasi dilakukan secara langsung di area counter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Praktik manajemen SDM di Skyport Café menunjukkan terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi, antara lain job description dan job specification yang belum jelas, kompensasi masih di bawah UMR, peserta rekruitmen tidak sesuai kualifikasi, sering terjadinya turn over karyawan, penilaian kinerja yang kurang jelas, dan masa training yang cukup lama. Strategi yang digunakan untuk optimalisasi praktik manajemen kinerja SDM meliputi pembuatan job description dan job specification secara jelas untuk setiap jabatan dalam struktur organisasi, penyesuaian kompensasi dengan UMR yang disertai dengan penilaian kinerja berdasarkan Key Performance Indicators (KPI), memperbaiki tahapan rekrutmen dan seleksi melalui kerjasama dengan tenaga ahli dan SMK tertentu, dan memperpendek masa training.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 03/15 Kus o FULL TEXT DAN ABSTRAK TIDAK LENGKAP
Uncontrolled Keywords: Take away concept, job analysis, compensation management, recruitment and selection, performance management and assessment, learning and training, and Key Performance Indicators (KPI).
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
CREMLIN PERDANA KUSUMA, 041143049UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 30 Oct 2016 20:48
Last Modified: 30 Oct 2016 20:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39255
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item