IMPLIKASI HUKUM BERLAKUNYA REGULASI BARU TERHADAP KONTRAK KARYA DI BIDANG MINERAL DAN BATUBARA

KUKUH ANGRIAT, 031224253006 (2014) IMPLIKASI HUKUM BERLAKUNYA REGULASI BARU TERHADAP KONTRAK KARYA DI BIDANG MINERAL DAN BATUBARA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-angriatkuk-35870-3.abstr-k.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Negara Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam yang dimiliki baik di bidang pertanian, perkebunan dan juga pertambangan. Kekayaan alam Indonesia merupakan potensi besar yang di miliki oleh Indonesia dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Sumber daya alam yang melimpah tidak sebanding dengan keterbatasan sumber daya manusia dan modal yang dimiliki Indonesia, maka pemerintah Indonesia menjalin kerjasama dengan Negara-negara maju untuk mengelola sumber daya alam yang dimiliki. Namun permasalahan yang kemudian timbul adalah ketika peraturan perundang-undangan yang berlaku pada masa penandatanganan kontrak karya tersebut ditandatangani telah banyak berubah. Hal inilah yang melatarbelakangi penulisan tesis yang berjudul �IMPLIKASI HUKUM BERLAKUNYA REGULASI BARU TERHADAP KONTRAK KARYA DI BIDANG MINERAL DAN BATUBARA�. Implikasi hukum atas berlakunya regulasi baru terhadap kontrak karya menyangkut perubahan substansi kontrak karya yang di lakukan dengan renegosiasi kontrak karya mengenai izin usaha, penerimaan Negara, divestasi saham dan unit pemurnian di dalam negeri. Regulasi baru merupakan implikasi dari banyaknya kerugian yang di derita oleh Indonesia atas kontrak karya pertambangan mineral dan batubara. Pada saat Kontrak karya di buat keadaan masih belum seperti saat ini sehingga perlu diadakannya penyesuaian kontrak karya terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini agar tetap seimbang dan tidak merugikan salah satu pihak. Jika kemudian para pihak tidak menemukan kesepakatan, maka para pihak dapat mengajukan penyelesaian sengketa melalui lembaga arbitrase international yang telah di sepakati di dalam kontrak karya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 19/15 Ang i
Uncontrolled Keywords: Natural resources, New Regulations, Work Contract Renegotiation)
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7340-7512 Commercial law > K7350-7444 Commercial contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
KUKUH ANGRIAT, 031224253006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Sogar Simamora, Prof. Dr., S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 21 Oct 2016 17:52
Last Modified: 21 Oct 2016 17:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39292
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item