TINGKAT KELENGKAPAN PERSETUJUAN TINDAKAN ANESTESI (INFORMED CONSENT ANESTESI) UNTUK OPERASI ELEKTIF DI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA PERIODE JANUARI-MARET 2014

JOUDHY STENLY WAWORUNTU (2014) TINGKAT KELENGKAPAN PERSETUJUAN TINDAKAN ANESTESI (INFORMED CONSENT ANESTESI) UNTUK OPERASI ELEKTIF DI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA PERIODE JANUARI-MARET 2014. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-waworuntuj-36216-3.abst-k.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
20.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : Tindakan anestesi/pembiusan yang dilakukan oleh dokter anestesi merupakan salah satu tindakan kedokteran invasif karena dapat menyebabkan kehilangan kesadaran dan/atau kelemahan tubuh. Hal ini bila dikaitkan dengan Pasal 89 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) yang menyatakan bahwa membuat seseorang tidak berdaya (onmacht) atau pingsan, dapat dikategorikan sebagai tindak kekerasan, maka dokter anestesi sebelum melakukan tindakan anestesi (pembiusan) harus melakukan proses informed consent (persetujuan tindakan kedokteran) tersendiri dan mendokumentasikannya dalam lembar persetujuan tindakan khusus anestesi. Tujuan : Penelitian ini bertujuan meneliti kelengkapan pengisian lembar persetujuan tindakan anestesi di RSU Dr. Soetomo oleh dokter dan pasien/ keluarga pasien. Metode Penelitian : penelitian ini bersifat deskriptif observasional, dengan meneliti kelengkapan pengisian lembar persetujuan tindakan anestesi pada operasi elektif di GBPT RSUD dr Soetomo Surabaya periode Januari-Maret 2014. Hasil Penelitian : dari 1028 lembar persetujuan tindakan anestesi yang diteliti, ditemukan tanda tangan dokter anestesi 83,95% lengkap, nama dokter PPDS anestesi 75,78% lengkap, nama dokter spesialis anestesi 23,64% lengkap, tanda tangan saksi RS/ perawat 24,32% lengkap, dan tindakan anestesi yang disetujui (umum/spinal/epidural/blok peripheral) 60,41% lengkap. Selanjutnya, tanda tangan pasien/keluarga/wali 98,05% lengkap, tempat dan waktu persetujuan 55,74% lengkap, dan tanda tangan saksi pihak keluarga 48,35% lengkap. Penelitian ini juga menemukan 6 (enam) dokumen rekam medik tidak ada lembar persetujuan tindakan anestesinya. Kesimpulan : Tidak ditemukan lembar persetujuan tindakan anestesi yang terisi lengkap.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKA KK PPDS.AR.02/15 Waw t
Uncontrolled Keywords: informed consent anestesi, tingkat kelengkapan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
JOUDHY STENLY WAWORUNTUUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrananda Surya Airlangga, dr., SpAnK.IC., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorPuger Rahardjo, dr., SpAnK.IC KAKVUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 19 Oct 2016 03:08
Last Modified: 19 Oct 2016 03:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39326
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item