RANI GAYUH SANDHIARTI (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KERAJINAN BATIK PANDAN ARUM DALAM MENGEMBANGKAN USAHANYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (389kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (388kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFATR ISI.pdf Download (337kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (364kB) |
|
Text (KERANGKA TEORI)
5. BAB 2 KERANGKA TEORI.pdf Restricted to Registered users only until 17 April 2023. Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (METODE PENELITIAN)
6. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 17 April 2023. Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (GAMBARAN UMUM)
7. BAB 4 GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only until 17 April 2023. Download (761kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL PENELITIAN)
8. BAB 5 HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 17 April 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
9. BAB 6 PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 17 April 2023. Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
Abstract
Dewasa ini banyak pelaku bisnis yang telah memanfaatkan peluang tersebut dengan baik dan diwujudkan melalui usaha berskala kecil ataupun menengah dan biasa dikenal dengan istilah Usaha Kecil Menengah (UKM). UKM merupakan singkatan dari Usaha Kecil Menengah. Usaha tersebut bergerak dalam ranah bisnis kecil, dengan penghasilan berjumlah Rp 200.000.000 hingga 10 Miliar Rupiah dalam satu tahun, pegawainya berjumlah 20-99 orang dengan modal yang cenderung terbatas. Dengan minimnya modal atau dana usaha maka komunikasi pemasaran yang dilakukan cenderung sangat minim dan terkesan apa adanya. Hal ini juga dirasakan oleh UKM Batik Pandan Arum yang berada di Desa Dauwan, Dusun Pandan Mulyo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Batik Pandan Arum memiliki permasalahan dalam hal komunikasi pemasaran yang terbatas dan masih belum dilaksanakan secara maksimal oleh pelaku bisnis, sehingga keberadaan UKM tersebut masih jarang terdengar oleh masyarakat. Padahal UKM Batik Pandan Arum ini memiliki peluang besar yang dapat dijadikan potensi kerajinan batik khas daerah. Konsep strategi komunikasi pemasaran digunakan dalam penelitian ini berupaya untuk mengidentifikasi komunikasi pemasaran yang telah dilakukan oleh UKM tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang diharapkan dapat mengidentifikasi hasil penelitian meliputi, Perencanaan, Implementasi, Evaluasi Komunikasi Pemasaran dan Bentuk Komunikasi Pemasaran di UKM Batik Pandan Arum. Strategi Komunikasi Pemasaran di UKM Kerajinan Batik Pandan Arum dalam mempertahankan eksistensi usahanya dapat dikatakan belum cukup matang dan belum ada keseriusan dalam hal mengembangkan aktifitas komunikasi pemasaran. Pernyataan tersebut juga didukung dengan temuan data bahwasanya UKM ini masih belum memiliki catatan secara resmi atau baku mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan. Dengan kata lain masih belum terdapat catatan secara administratif, baik yang berkaitan dengan perencanaan anggaran, implementasi dan evaluasi yang berkaitan dengan strategi komunikasi pemasarannya.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSK 11/15 San s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Small and Medium Enterprises (SMEs), Strategy of Marketing Communications | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Husnul Khotimah | ||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2016 07:23 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2020 05:34 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39346 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |