NANIK SUSANTI (2015) Pendekatan Lean Healthcare Guna Menangani Waste Dalam Produksi Jasa Departemen IGD (Studi Pada Rumah Sakit Al-Huda Genteng Banyuwangi). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-susantinan-38593-5.abstr-k.pdf Download (451kB) | Preview |
|
Text (Halaman Judul)
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (322kB) |
||
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB 1 PENDAHULUAN .pdf Download (428kB) |
||
Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka)
3. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only until 22 May 2023. Download (535kB) | Request a copy |
||
Text (Bab 3 Metode Penelitian)
4. BAB 3 METODE PENELITIAN .pdf Restricted to Registered users only until 22 May 2023. Download (440kB) | Request a copy |
||
Text (Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
5. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Registered users only until 22 May 2023. Download (765kB) | Request a copy |
||
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
6. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN .pdf Restricted to Registered users only until 22 May 2023. Download (367kB) | Request a copy |
||
Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (1MB) |
||
Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only until 22 May 2023. Download (466kB) | Request a copy |
Abstract
Semakin banyak industri manufaktur yang berhasil dalam mengadopsi lean manufacturing dalam proses produksinya membuat industri lain berkeinginan mengadopsi hal yang sama dalam industrinya, diantaranya industri jasa pelayanan kesehatan. Ditandai dengan semakin banyak rumah sakit di luar negeri yang telah menerapkan lean healthcare untuk meningkatkan roduktivitas. Penelitian ini mempelajari bagaimana lean healthcare dapat diusulkan sebagai ide perbaikan untuk meminimalisasi waste yang ada di Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit Al-Huda yang terdapat di Banyuwangi. Dengan menggunakan metode kualitatif, terlihat dalam value stream map (VSM) bahwa aktivitas tidak bernilai tambah (NVA) di IGD sebesar 38,7% dan 61,3% untuk aktivitas bernilai tambah (VAA). Hal tersebut mengindikasikan beberapa waste masih terdapat dalam alur proses produksi jasa di instalasi gawat darurat. Menggunakan root cause analysis untuk menemukan akar penyebab waste, lean healthcare sebagai ide perbaikan diusulkan dalam dua tahap yaitu: jangka pendek dan jangka panjang untuk menghilangkan atau meminimalisasi waste dan mendapatkan proses produksi yang efektif dan efisien. Ide tersebut dapat dijadikan sebuah gamabaran umum untuk melakukan perbaikan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A 293/15 Sus p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PRODUCTION SERVICES - LEAN HEALTHCARE | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | ||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 21 May 2020 17:01 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3941 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |