EVALUASI KAJIAN RISIKO PADA PROYEK JASA O & M PLTU (OPERATION AND MAINTENANCE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP) PT.PJB SERVICES

KURNIAWAN (2015) EVALUASI KAJIAN RISIKO PADA PROYEK JASA O & M PLTU (OPERATION AND MAINTENANCE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP) PT.PJB SERVICES. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (587kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (594kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (663kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2023.

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (METODOLOGI PENELITIAN)
6. BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2023.

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (GAMBARAN UMUM)
7. BAB 4 GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2023.

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (ANALISA DAN PEMBAHASAN)
8. BAB 5 ANALISA DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2023.

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
9. BAB 6 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2023.

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2023.

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2023.

Download (743kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada umumnya risiko tidak dapat dihilangkan atau dihindari begitu saja tetapi risiko dapat dikelola dengan baik menurut kebutuhan perusahaan. Namun pengelolaan risiko bisa dibilang semakin lama akan terus semakin kompleks, tidak hanya dikarenakan bertambahnya jenis risiko baru yang tentunya akan memaksa perusahaan untuk terus inovatif dalam upaya mengidentifikasi risiko baru tersebut tetapi juga menyangkut prosedur pembuatan kajian risiko dan hubungan keterkaitan antara suatu kejadian risiko dengan pemicunya, demikianlah mengapa peneliti merasa diperlukan evaluasi Kajian Risiko Proyek Jasa Operation and Maintenance PLTU PT.PJB Services. Untuk mengevaluasi kajian risiko proyek Jasa O&M PLTU eksisting (yang pernah dilakukan) PT.PJB Services maka akan diambil contoh kajian risiko pada PLTU ABC di tahun 2011 yang memiliki beberapa hal yang perlu dievaluasi, misalnya : pembobotan level risiko dan probabilitas risiko sangat subyektif, lebih banyak menggunakan asumsi dari tim penyusun Kajian Risiko Proyek O&M PLTU ABC. Celah lainnya adalah belum memperhitungkan keterkaitan antara kejadian risiko (risk events) dengan agen penyebabnya (risk agents) dan juga hubungan antara risk agents dengan mitigasi atau Proactive Action-nya, hal inilah yang membuat peneliti memilih HOR (House of Risk) untuk melakukan kajian risiko proyek jasa O&M yang baru dan membandingkannya dengan kajian risiko eksisting. Dibandingkan kajian risiko eksisting, risiko yang teridentifikasi di HOR lebih banyak.Pada HOR 1 terdeteksi 44 risk agent dan 15 risk event.Pada HOR 2 setelah diranking berdasarkan pareto analysis ARPj average didapatkan 21 risk agent yang diprioritaskan untuk dimitigasi. Jika di kajian risiko eksisting kontinuitas bahan bakar menempati urutan pertama maka di HOR 1 (A30) menempati peringkat ke 13, sebaliknya untuk risiko derating (A27) yang menempati peringkat pertama di HOR 1 maka di kajian risiko eksisting hanya menempati peringkat ke-5. Perbedaan lainnya dengan kajian risiko eksisting adalah belum diperhitungkannya hubungan antara risk agent dengan risk eventnya, di kajian risiko eksisting satu pemicu ekslusif menyebabkan satu kejadian risiko. HOR tidak menghitung residual risk karena HOR memperlakukan risiko sebagai risiko kumulatif (analisis pareto memilih risk agent-risk agent yang dapat mencegah timbulnya 80% risiko kumulatif).HOR adalah suatu framework yang sangat berguna untuk diterapkan dalam kajian risiko pekerjaan jasa O&M PLTU PT.PJB Services, terutama untuk memahami bahwa beberapa kejadian risiko bisa saja dipicu oleh satu penyebab risiko, dan satu mitigasi (PAk) dapat saja mengatasi beberapa pemicu risiko. HOR akan sangat berguna untuk mengalokasikan resources yang tepat sasaran agar didapatkan hasil yang optimal dan risiko kumulatif dapat dikelola dengan baik di level yang tolerable.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 18-15 Kur e
Uncontrolled Keywords: risk assessment, house of risk, Pareto analysis, risk event, risk agent
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
KURNIAWANNIM041224353050
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuparno, Prof. Ir., MSIE., Ph.D.NIDN-
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 03 Oct 2016 10:07
Last Modified: 06 Apr 2020 07:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39449
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item