ANGKA KEJADIAN MUAL-MUNTAH PADA PEMBERIAN METOCLOPRAMIDE DIBANDINGKAN ONDANSETRON PADA PASIEN YANG MENDAPAT TERAPI TRAMADOL PASCA BEDAH DENGAN ANESTESI UMUM

Berlian Dwi K. Sampan (2014) ANGKA KEJADIAN MUAL-MUNTAH PADA PEMBERIAN METOCLOPRAMIDE DIBANDINGKAN ONDANSETRON PADA PASIEN YANG MENDAPAT TERAPI TRAMADOL PASCA BEDAH DENGAN ANESTESI UMUM. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-sampanberl-37006-ppds.ar-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : Mual dan muntah merupakan salah satu efek samping yang dapat tetjadi setelah pemberian analgesia Tramadol 100 mg iv pasca bedah dengan anestesi urnurn, dengan angka kejadian mual 24-40% sedangkan untuk muntah 9· 17%. Mual dan muntah menyebabkan ketidakpuasan pasien dan meningkatkan biaya perawatan. Pendekatan penanganan mual-muntah telah banyak dikembangk3Jl tennasuk metoclopramide dan ondansetron. Tujuan : Membandingkan angka kejadian mual-muntah pOOa pemberian Metoclopramide 10 mg iv dengan Ondansetron 4 mg iv pada pemberian obat analgetik TramOOol 100 mg iv pasca bedah. Metode : Penelitian ini melibatkan 46 orang sampel dengan rentang usia 14·60 tahun. Sampel dibagi menjadi dua kelompok secara acak yaitu 23 orang sampel menjadi kelompok perJalruan 11M ( mendapat profilaksis mual dan muntah metoclopramide 10 mg) dan kelompok perlakuan 210 (mendapat profilaksis mual dan muntah ondansetron 4 mg ). Kelompok M akan diberikan obat berupa metoclopramide 10 mg iv pOOa saal mulal penjahitan subcutis sedangkan kelompok 0 diberikan obat ondansetron 4 mg iv pOOa saat mulal penjahitan subcutis. Kedua kelompok tersebut mendapatkan perlaknan yang sarna, premedikasi dengan midazolam 0,1 mglkg bb intravena (iv), selanjutnya dilakukan induksi dengan fentanyl 1·2 liglkg bb, propofol 1-2,5 mglkg bb, rocuroniurn 0,8-1 mglkg bb. Rumat3Jl dengan Isofluran + 02 dan analgetik intraoperasi dengan fentanyl 1-2 !lg/kg bb.Pada saat mulai penjahitan subcutis diberikan injeksi tramadol 100 mg iv Hasil : Tidak ada perbedaan bermakna pada skor mual dan muntah pada kedua kelompok, pada satu jam pasca operasi (p "" 1,OOO), pada empat jam pasca operasi (p "" 1,OOO). Didapatkan efek samping berupa nyeri kepala 1 orang dan pusing (kepala seperti berputar) 1 orang pada kelompok ohat ondansetron. Simp ulan : Tidak ada perbedaan bermakna daIam hal efektifitas antara metc10pramide 10 mg iv dengan ondansetrun 4 mg iv daIam mencegah mual dan muntah pada pasien yang mendapat ana1getik tramadol 100 mg iv pasca bedah dengan anestesi umum.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKA KK. PPDS. AR. 05-14 Sam a FULLTEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Metoclopramide, Ondansetron, Tramadol, nausea and vomiting.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM300-666 Drugs and their actions
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi
Creators:
CreatorsNIM
Berlian Dwi K. SampanUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorElizeus Hanindito, Dr., dr., SpAn. KIC, KAPUNSPECIFIED
Thesis advisorPuger Rahardjo, dr., SpAn. KIC,KAKVUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 24 Oct 2016 17:23
Last Modified: 24 Oct 2016 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39509
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item