AL-ASY ARI ADNAN HAKIM (2015) ANALISIS PENGELUARAN PEMERINTAH DI SEKTOR PENDIDIKAN DAN KESEHATAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM)(Studi Kasus : Negara OKI dan Non OKI). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (105kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (75kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (50kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (138kB) |
|
Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 14 April 2023. Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (KERANGKA KONSEPTUAL)
6. BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL.pdf Restricted to Registered users only until 14 April 2023. Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (METODE PENELITIAN)
7. BAB 4 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 14 April 2023. Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
8. BAB 5 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only until 14 April 2023. Download (709kB) | Request a copy |
|
Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
9. BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 14 April 2023. Download (41kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 14 April 2023. Download (152kB) | Request a copy |
Abstract
Pembangunan manusia (human development) dirumuskan sebagai perluasan pilihan bagi penduduk, yang dapat dilihat sebagai proses upaya ke arah perluasan pilihan dan sekaligus sebagai taraf yang dicapai dari upaya tersebut. Pada Tahun 2009-2011 pada laporan UNDP mengenai nilai IPM yang diperoleh oleh negara OKI dan non OKI berdasarkan peringkat kinerja pembangunan manusia, menunjukkan bahwa nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) yang diperoleh negara bukan OKI secara rata-rata lebih baik dibandingkan dengan nilai IPM (HDI) yang telah dicapai oleh negara OKI, dan juga hal ini menunjukkan besaranpengeluaran pemerintah di sektor pendidikan dan kesehatan guna meningkatkan mutu kualitas sumberdaya manusia, pada saat ini belum tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan dan pengeluaran pemerintah disektor kesehatan terhadap pembangunan manusia di Negara OKI dan non OKI. Penelitian ini menggunakan data sekunder dalam kurun waktu 11 tahun terakhir (2001 s/d 2011), yang dianalisis dengan menggunakan analisis regresi data panel. Hasilnya adalah setelah dilakukan analisis data, ditemukan bahwa di negara non OKI, hubungan antara pengeluaran pemerintah disektor pendidikan dengan IPM dinyatakan positif dan signifikan, sedangkan untuk pengeluaran pemerintah di sektor kesehatan menunjukkan adanya hubungan yang negatif terhadap IPM. Untuk negara OKI ditemukan bahwa pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan mempunyai hubungan negatif terhadap IPM, sedangkan pengeluaran pemerintah di sektor kesehatan menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara pengeluaran pemerintah di sektor pendidikan dan kesehatan terhadap IPM di negara OKI dan non OKI
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSEI.02/15 Hak a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengeluaran Pemerintah Disektor Pendidikan, Pengeluaran Pemerintah Disektor Kesehatan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Negara OKI dan Non OKI. | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC94-1085 By region or country H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living |
||||||
Divisions: | 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi Islam | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Husnul Khotimah | ||||||
Date Deposited: | 24 Oct 2016 22:06 | ||||||
Last Modified: | 14 Apr 2020 12:45 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39519 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |