PERSAINGAN TIDAK SEHAT NOTARIS DALAM PERSPEKTIF KODE ETIK IKATAN NOTARIS INDONESIA

LAURA GIASI, 031142010 (2013) PERSAINGAN TIDAK SEHAT NOTARIS DALAM PERSPEKTIF KODE ETIK IKATAN NOTARIS INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-giasilaura-37081-3.abstr-k.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini membahas tentang persaingan antara notaris yang menjurus kepada persaingan tidak sehat yang dianggap melanggar kode etik sehingga menimbulkan ketidak harmonisan antar rekan seprofesi notaris dan telah merendahkan martabat yang dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku dalam kode etik I.N.I. Notaris adalah aparatur negara yang diangkat oleh Negara/Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dibidang hukum perdata serta mempunyai fungsi sosial. Tujuan penulisan tesis ini yaitu untuk menganalisis apa saja bentuk dan cara persaingan tidak sehat yang termasuk dalam pelanggaran kode etik dan sanksi apa yang diberikan kepada notaris yang melakukan pelanggaran kode etik. Metode penelitian ini menggunakan metode tipe penelitian, pendekatan masalah, bahan hukum, dan menganalisa bahan hukum. Kode etik profesi diterapkan untuk menegaskan peran dan fungsi kelompok organisasi menjadi jelas yang mengatur tentang kewajiban dan larangan para notaris yang bertujuan untuk menjadiwadah pemersatu antara rekan seprofesi. Persaingan tidak sehat adalah usaha memperlihatkan keunggulan masing-masing yang dilakukan perseorangan dengan menghalalkan segala cara yang tidak sesuai aturan berlaku. Bentuk dan cara persaingan tidak sehat yaitu dengan menetapkan honorarium lebih rendah, serta melakukan promosi diri. Adapun sanksi yang diberikan akibat melanggar kode etik ini, yaitu berupa teguran, peringatan, schorsing, onzeting dan pemberhentian tidak hormat dari keanggotaan perkumpulan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 53/15 Gia p
Uncontrolled Keywords: Kode Etik, Persaingan, Notaris
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K115-130 The legal profession
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
LAURA GIASI, 031142010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Hadi Shubhan, Dr., S.H., M.H., CNUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 23 Oct 2016 18:02
Last Modified: 23 Oct 2016 18:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39547
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item