Peranan Sistem Skoring S.T.O.N.E Nephrolitometry dalam Memprediksi Angka Bebas Batu Paska Percutaneous Nephrolitotomy di RSUD dr. Soetomo Surabaya Penelitian Analitik Observasional

Karinda Triharyu Caesari Putri, NIM010981915 (2016) Peranan Sistem Skoring S.T.O.N.E Nephrolitometry dalam Memprediksi Angka Bebas Batu Paska Percutaneous Nephrolitotomy di RSUD dr. Soetomo Surabaya Penelitian Analitik Observasional. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
9. Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PPDS.UR.03-16 Put p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : kemajuan dalam teknologi dan teknik telah menjadikan Perkutaneous Nephrolithotomy (PNL) menjadi teknik operasi yang lebih unggul dibanding operasi terbuka pada manajemen batu saluran kemih khususnya batu ginjal. Obyektif : untuk mengetahui angka bebas batu paska perkutaneous nephrolitotomy (PNL) menggunakan sistem skor S.T.O.N.E nephrolitometry dengan menilai ukuran batu (S), jarak batu ke kulit (T), derajat obstruksi (O), jumlah kaliks terlibat (N), dan densitas batu (E) pada Non Contrast CT Scan (NCCT). Metode : penelitian ini adalah penelitian prospektif observasional analitik pada pasien batu ginjal yang menjalani PNL. Semua pasien diperiksakan NCCT pada sebelum dan sesudah prosedur PNL, masing-masing variabel dinilai dan dihitung skor keseluruhannya. Hasil operasi dievaluasi dari NCCT paska operasi. Hasil : Sebanyak 30 pasien masuk ke dalam kriteria inklusi, 19 pasien (63,3%) dengan hasil operasi batu bersih, dan 11 pasien (36,7%) masih ada sisa. Diantara kelima variabel didapatkan ukuran batu (P=0,005), jumlah kaliks terlibat (P=0,002) mempengaruhi hasil operasi, sedangkan jarak batu ke kulit, derajat obstruksi, dan densitas batu tidak berhubungan. Hasil skor S.T.O.N.E nephrolithometry berhubungan terhadap hasil operasi PNL (P=0,001). Hasil uji multivariat di penelitian ini juga mendapatkan jumlah kaliks terlibat sebagai variabel independen diantara semua variabel dalam sistem skor ini. Kesimpulan : S.T.O.N.E Nephrolithometry merupakan sistem skoring yang sederhana, mudah dipakai serta dapat digunakan untuk memprediksi angka bebas batu paska PNL.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.UR.03/16 Put p
Uncontrolled Keywords: perkutaneous nephrolithotomy (PNL), sistem skor, batu ginjal, Non Contrast CT Scan (NCCT)
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC870-923 Diseases of the genitourinary system. Urology
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Urologi
Creators:
CreatorsNIM
Karinda Triharyu Caesari Putri, NIM010981915NIM010981915
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudiono, dr., MkesUNSPECIFIED
Thesis advisorFikri Rizaldi, dr., Sp.U(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorTarmono, DR. dr., SpU(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorSunaryo Hardjowijoto, Prof. DR. dr., SpB,SpU(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 29 Jun 2016 01:55
Last Modified: 29 Jun 2016 01:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39694
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item