PERAN PANITIA PEMBINA KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (P2K3) TERHADAP PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (SMK3) DI PT METABISULPHITE NUSANTARA INDONESIA

EINDO HANAN PAMBUDHI, 101210113043 (2016) PERAN PANITIA PEMBINA KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (P2K3) TERHADAP PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (SMK3) DI PT METABISULPHITE NUSANTARA INDONESIA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
6. ABSTRACT.pdf

Download (655kB)
[img] Text (FULLTEXT)
203. 39842.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peran Panitia Pembina Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam perusahaan sangat berpengaruh terhadap Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja agar terlaksana secara baik dan benar. Apabila P2K3 berjalan sangat baik maka SMK3 di perusahaan tersebut akan lebih efisien dan memperkecil angka kecelakaan kerja di bawah naungan P2K3 tersebut. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mempelajari dan mengevaluasi tentang peran Petugas Panitia Pembina Kesehatan dan Keselamatan Kerja (P2K3) terhadap pelaksanaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja di PT Metabisulphite Nusantara Indonesia. Berdasarkan cara pengambilan data, penelitian ini bersifat observasional karena data yang diperoleh berasal dari data primer yang meliputi observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen perusahaan. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif berdasarkan teori-teori yang terkait sehingga dapat menghasilkan gambaran peran Panitia Pembina Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja PT Metabisulphite Nusantara Indonesia. Menurut waktu pengambilan data termasuk penelitian cross sectional karena pengamatan dan pengukuran terhadap variabel dilakukan pada waktu tertentu. Hasil dari penelitian di PT Metabisulphite Nusantara Indonesia pada peran P2K3 dalam penerapan SMK3 sudah sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku serta di buktikan dengan target pencapaian perusahaan yaitu zero accident dan semua tenaga kerja sudah mengetahui tentang SMK3 dan fungsi P2K3 di perusahaan. Kesimpulan dari penelitian di PT Metabisulphite Nusantara Indonesia dalam peran P2K3 terhadap penerapan SMK3 cukup baik dan sudah sesuai dengan perundangan yang berlaku sehingga disarankan untuk mempertahankan kinerja dan program P2K3 untuk lebih baik dan memberikan safety talk kepada setiap shift sebelum melakukan aktivitas kerja.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK.05/16 Pam p
Uncontrolled Keywords: Peran P2K3, SMK3
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
EINDO HANAN PAMBUDHI, 101210113043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNoeroel Widajati, Dr., S.KM, MScUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 20 Jul 2016 08:03
Last Modified: 15 Jun 2017 17:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39842
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item