Iffa Amalia (2015) Implementasi Nilai Tabligh Pada Tenaga Pengajar Dalam Proses Belajar Mengajar Di Madrasah Aliyah Negeri Mojokerto. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (563kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (219kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2023. Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2023. Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2023. Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2023. Download (82kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 4 February 2023. Download (789kB) | Request a copy |
Abstract
Islam mengajarkan kepada setiap umat manusia yang telah diberikan kelebihan oleh Allah SWT untuk mensyukuri dengan cara memanfaatkan kelebihan yang dimiliki untuk menggali dan mengembangkan potensi dirinya dengan baik dan benar sehingga mampu bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Seperti halnya tenaga pengajar di sekolah, seorang pengajar yang mendapatkan kepercayaan dari pihak lain akan senantiasa meyampaikan ilmu dan membimbing anak didik sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki oleh Rasulallah, salah satunya yaitu sifat tabligh dan mampu mencapai targetdi dalam sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan wawancara dalam pengambilan data primer. Ruang lingkup penelitian terbatas memfokuskan kepada tenaga pengajar di Madrasah Aliyah Negeri Mojokerto dan mencari jawaban bagaimana mengimplementasikan nilai tabligh Rasulallah pada proses belajar mengajar. Hasil penelitian ini adalah implementasi nilai tabligh Rasulallah SAW sudah diterapkan oleh tenaga pengajar dalam proses belajar mengajar secara komunikatif, hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya 5 indikator yaitu komunikasi, tauladan, pendidikan, bijaksana dan tegas sehingga perkembangan anak didik di sekolah bertambah baik hingga saat ini. Tenaga pengajar yang mengimplementasikan sifat tabligh Rasulallah mampu membuat suasana belajar nyaman dan kondusif yang beretika Islam. Sehingga implementasi sifat tabligh tersebut akan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu dan berkualitas. Sumber daya manusia yang bermutu dan berkualitas akan mampu meningkatkan kondisi ekonomi baik bagi diri sendiri maupun bagi bangsa dan negara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FEB.EI 90/15 Ama i | ||||||
Uncontrolled Keywords: | implementasi, nilai tabligh, tenaga pengajar sekolah | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | ||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 04 Feb 2020 08:09 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3986 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |