DAMPAK PENGAPLIKASIAN IMITASI DAN TIPE PRODUK COPYCAT PADA SIKAP KONSUMEN ATAS PEMIMPIN MEREK

CLARA CLAUDIA HERLINDA, 041211231069 (2016) DAMPAK PENGAPLIKASIAN IMITASI DAN TIPE PRODUK COPYCAT PADA SIKAP KONSUMEN ATAS PEMIMPIN MEREK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
226. 39874.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Disamping inovasi, imitasi merupakan strategi yang banyak digunakan dalam upaya pemasaran. Dengan imitasi, copycat tidak hanya diuntungkan dari segi research and development tetapi juga dari segi marketing. Di sisi lain, kemunculan copycat brand berdampak negatif bagi pemimpin merek yang ditandai dengan menurunnya sikap konsumen atas pemimpin merek. Dampak negatif tersebut terjadi melalui efek perusakan karakter unik dan reputasi yang dimiliki pemimpin merek. Penelitian ini menguji bagaimana tipe imitasi (fitur/tema) dan tipe produk (hedonik/utilitarian) berpengaruh terhadap sikap konsumen atas pemimpin merek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-post-test experimental design. Data diperoleh dari 120 orang partisipan yang seluruhnya merupakan mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi penurunan sikap konsumen atas pemimpin merek setelah terdapat informasi bahwa copycat brand mengaplikasikan imitasi, dimana penurunan sikap lebih banyak terjadi pada pengaplikasian imitasi fitur dibandingkan pengaplikasian imitasi tema. Selanjutnya, pengaplikasian imitasi untuk produk utilitarian membawa dampak penurunan sikap konsumen atas pemimpin merek yang lebih banyak dibandingkan dengan pengaplikasian imitasi untuk produk hedonik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.190/16 Her d
Uncontrolled Keywords: tipe imitasi, tipe produk, sikap konsumen atas merek
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
CLARA CLAUDIA HERLINDA, 041211231069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 21 Jul 2016 07:28
Last Modified: 15 Jun 2017 18:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39874
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item