LATIHAN CORE STABILITY PADA NYERI PUNGGUNG BAWAH AKIBAT SPONDILOSIS

RETNO ANGGRAENI, NIM011310213039 (2016) LATIHAN CORE STABILITY PADA NYERI PUNGGUNG BAWAH AKIBAT SPONDILOSIS. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
236-39892-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nyeri punggung bawah merupakan keluhan yang sangat sering dirasakan oleh kebanyakan orang di daerah lumbosakral dan sakroiliak. Insidensi nyeri punggung bawah akibat spondilosis lumbalis 95% laki-laki dan perempuan terjadi pada usia 70 tahun. Nyeri punggung bawah pada kasus spondilosis lumbalis terjadi karena adanya proses degenerasi yang disebabkan oleh menipisnya diskus dan menyempitnya foramen intervertebra. Keluhan yang ditimbulkan dari kasus ini adalah nyeri, penurunan kekuatan otot, keterbatasan lingkup gerak sendi dan penurunan aktivitas fungsional. Pemberian latihan core stability pada nyeri punggung bawah akibat spondilosis berhubungan dengan masalah pada kapasitas fisik yaitu adanya nyeri dan spasme pada otot-otot punggung bawah. Latihan core stability bermanfaat untuk memelihara kesehatan punggung bawah, stabilisasi statik dan dinamis trunk serta mencegah terjadinya cedera (pada punggung dan ekstremitas bawah) terutama dalam meningkatkan aktivitas fungsional karena latihan core stability mempunyai kemampuan untuk mengontrol posisi dan gerakan pada bagian pusat tubuh. Setelah dilakukan enam kali terapi dengan pemberian latihan core stability, home exercise programs, proper back mechanics dan edukasi didapatkan hasil penurunan nyeri, peningkatan kekuatan otot, peningkatan kemampuan aktivitas fungsional.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.04/16 Ang l
Uncontrolled Keywords: nyeri punggung bawah, spondilosis, core stability
Subjects: R Medicine > RE Ophthalmology
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
RETNO ANGGRAENI, NIM011310213039NIM011310213039
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImam Subadi, Dr., dr., Sp. KFR.UNSPECIFIED
Thesis advisorFransiskalina Erfarenata, S.Tr.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Jul 2016 01:03
Last Modified: 25 Jul 2017 19:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39892
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item