TERAPI ULTRASOUND DIATHERMY PADA KASUS DE QUERVAIN’S SYNDROME

Nimas Luhdayu Setyaning Ratri, NIM011310213013 (2016) TERAPI ULTRASOUND DIATHERMY PADA KASUS DE QUERVAIN’S SYNDROME. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
238. 39894.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

De Quervain’s Syndrome merupakan gangguan peradangan dan penebalan tendon insertio otot abductor pollicis longus dan otot extensor pollicis brevis di dalam selubung tendon pembungkusnya. Umumnya lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria dengan rentang usia 35-55 tahun. Gangguan ini bersifat idiopatik, namun penggunaan sendi yang berulang dan berlebihan terutama ibu jari dalam melakukan aktifitas sehari-hari sering memicu penyakit ini. Peradangan tersebut menyebabkan nyeri ketika terjadi kontraksi otot atau menggerakkan pergelangan tangan dan ibu jari karena gerakan kedua otot terhambat saat bergerak terhadap radial styloid. Nyeri yang terjadi dapat mengakibatkan keterbatasan gerak sehingga aktivitas sehari-hari penderita terganggu. Tes khusus yang digunakan untuk membantu menegakkan diagnosa pada kasus ini adalah Finkelstein’s test. Tes ini dilakukan dengan cara menggenggam ibu jari dengan posisi lengan lurus ke depan kemudian menggerakkan pergelangan tangan ke arah adduksi baik secara aktif maupun pasif. Hasil dikatakan positif apabila terasa nyeri pada processus styloideus radii saat digerakkan. Peran fisioterapi dalam kasus ini adalah mengurangi masalah kapasitas fisik dan meningkatkan kemampuan fungsional dengan intervensi fisioterapi berupa ultrasound diathermy. Terapi ultrasound adalah terapi medis dengan menggunakan gelombang ultrasonic Terapi ini dapat memberikan efek thermal dan non thermal yang akan mempercepat perbaikan jaringan lunak, mengurangi nyeri, meningkatkan ekstensibilitas serat kolagen pada tendon dan kapsul, mengurangi spasme, oedema, dan mempercepat aliran darah. Dalam laporan ini, pasien diberikan empat kali terapi, sehingga didapatkan adanya penurunan nyeri dan peningkatan luas gerak sendi pergelangan tangan dan ibu jari.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.06/16 Rat t
Uncontrolled Keywords: De Quervain’s Syndrome, Finkelstein’s test, Ultrasound Diathermy
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Nimas Luhdayu Setyaning Ratri, NIM011310213013NIM011310213013
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImam Subadi, Dr. , dr., Sp.KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorLantjar Januwidodo, SST.FtUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Jul 2016 01:14
Last Modified: 15 Jun 2017 18:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39894
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item