PENANGANAN TINITUS DENGAN AKUPUNKTUR PADA TITIK TINGGONG (SI19), SHENSHU (BL23), TAIXI (KI3), DAN GUANYUAN (CV4), SERTA PEMBERIAN KULIT JERUK MANIS (CITRUS SINENSIS) VARIETAS PACITAN

GHOIDA, ANISA HUSNUL (2016) PENANGANAN TINITUS DENGAN AKUPUNKTUR PADA TITIK TINGGONG (SI19), SHENSHU (BL23), TAIXI (KI3), DAN GUANYUAN (CV4), SERTA PEMBERIAN KULIT JERUK MANIS (CITRUS SINENSIS) VARIETAS PACITAN. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
FV PT 02 16 Gho p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV PT 02 16 Gho p_Part6.pdf

Download (205kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tinitus adalah suatu gangguan pendengaran dengan keluhan mendengar bunyi yang berasal dari dalam telinga, biasanya disebut juga telinga berdenging. Penyebab tersering tinitus adalah pajanan bising. Mendengarkan musik menggunakan ear phones dengan volume yang keras juga dapat menyebabkan tinitus. Pajanan bising dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut kokhlea sehingga mengakibatkan gangguan pendengaran salah satunya yaitu tinitus. Berdasarkan anamnesa yang telah dilakukan, pasien mengalami tinitus disebabkan sindrom defisiensi Qi ginjal. Penanganan kasus tinitus dengan terapi akupunktur dan terapi herbal. Terapi akupunktur dilakukan pada titik Tinggong (SI19), Shenshu (BL23), Taixi (KI3), dan Guanyuan (CV4). Terapi herbal yang digunakan adalah sediaan teh kulit jeruk manis (Citrus sinensis) varietas Pacitan. Dalam menangani kasus tinitus, terapi akupunktur dilakukan sebanyak 12 kali dalam 4 tahap terapi. Untuk terapi herbal sediaan teh kulit jeruk manis (Citrus sinensis) varietas Pacitan dengan dosis 10 gram diseduh dengan 100 ml air diminum setiap hari. Terapi akupunktur dan herbal yang telah dilakukan selama 24 hari menunjukkan hasil yang baik. Terapi ini dapat mengurangi intensitas tinitus dan keluhan penyertanya. Terapi akupunktur dan herbal dapat dilanjutkan agar pasien tidak mengalami tinitus lagi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PT 02/16 Gho p
Uncontrolled Keywords: tinitus, akupunktur, herbal, jeruk maniS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R856-857 Biomedical engineering. Electronics. Instrumentation
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
GHOIDA, ANISA HUSNULUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDMAYA SEPTRIANA, S,si., Apt., Msi.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2016 02:15
Last Modified: 12 Mar 2017 19:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39898
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item