TERAPI KEPUTIHAN MENGGUNAKAN AKUPUNTUR TITIK YINLINGQUAN (SP 9), DAIMAI (GB 26) DAN ZHONGJI (REN 3) SERTA HERBAL DAUN MINT (MENTHA PIPERITA)

DEWI, EKA RUSDIANA (2016) TERAPI KEPUTIHAN MENGGUNAKAN AKUPUNTUR TITIK YINLINGQUAN (SP 9), DAIMAI (GB 26) DAN ZHONGJI (REN 3) SERTA HERBAL DAUN MINT (MENTHA PIPERITA). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV PT 04 16 Dew_Part7.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FV PT 04 16 Dew.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Leukorrhea (keputihan) yaitu cairan putih yang keluar dari vagina secara berlebihan. Gejala keputihan pada kasus yaitu keputihan keluar setiap hari dengan jumlah keputihan yang dikeluarkan banyak, berwarna putih susu dengan tekstur cair ataupun kental dan berbau tidak terlalu menyengat. Dua sampai tiga hari sebelum menstruasi jumlah keputihan bertambah banyak, berwarna putih susu dengan tekstur kental dan berbau menyengat agak amis hingga hari ketiga sampai keempat setelah menstruasi. Tidak ada gejala gatal. Diagnosa secara konvensional disebabkan karena menurunnya imunitas pasien dan personal hygene yang kurang baik. Diagnosa secara tradisional disebabkan karena akumulasi lembab panas. Terapi yang digunakan meliputi akupuntur pada titik Yinlingquan (SP 9), Daimai (GB 26) dan Zhongji (Ren 3), terapi akupuntur dua kali sehari sebanyak 12 kali terapi selama 15 menit. Beserta terapi herbal basuhan daun mint (Mentha piperita) sebanyak 300 mL selama tiga kali sehari. Hasil terapi menunjukkan bahwa jumlah keputihan sedikit berwarna putih susu cair dan berbau tidak menyengat. Sebelum menstruasi dan sesudah menstruasi keluhan keputihan cukup banyak berwarna putih susu berbentuk cair dan berbau tidak menyengat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK-2 FV.PT 04/16 Dew t
Uncontrolled Keywords: Keputihan, Yinlingquan, Daimai, Zhongji, Mentha piperita
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
DEWI, EKA RUSDIANAUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDWurlina, Prof. Dr. , drh, MSUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDArifa Mustika, Dr., dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2016 03:36
Last Modified: 12 Mar 2017 19:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39903
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item