TERAPI LATIHAN PADA FROZEN SHOULDER

Iva Dwi Kurnia, NIM011310213037 (2016) TERAPI LATIHAN PADA FROZEN SHOULDER. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
254. 39919.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Frozen shoulder adalah rasa nyeri yang mengakibatkan lingkup gerak sendi pada bahu. Mungkin timbul adanya trauma, mungkin juga timbul secara perlahan-lahan tanpa tanda-tanda atau riwayat trauma. Keluhan utama yang dialami adalah penurunan kekuatan otot penggerak sendi bahu dan keterbatasan luas gerak sendi terjadi baik secara aktif maupun pasif. Kasus ini diakibatkan oleh penyusunan dan pembentukan jaringan parut pada sendi, melibatkan nyeri bahu dan hilangnya pergerakan. Secara epidemiologi terjadi sekitar usia 40-60 tahun. Dari 2-5% populasi sekitar 60% dari kasus ini lebih banyak mengenai perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Frozen shoulder dapat di klasifikasikan menjadi dua, yaitu primer frozen shoulder dan sekunder frozen shoulder. Primer frozen shoulder adalah frozen yang tidak diketahui penyebabnya, sedangkan sekunder frozen shoulder adalah frozen yang diawali dengan trauma berarti pada bahu misal fraktur,dislokasi, dan luka bakar. Ada beberapa tahaban yang dialami oleh pasienfrozen shoulder, yakni: fasenyeri (painful), fase kaku (freezing), fase beku (frozen) fase mencair (thawingphase). Peran fisioterapi dalam kasus ini adalah mengurangi masalah kapasitas fisik dan meningkatkan kemampuan fungsional. Intervensi fisioterapi berupa Terapi Manipulasi, dan edukasi sebagai program latihan di rumah. Dalam laporan ini, pasien diberikan 5 kali terapi, sehingga didapatkan adanya penurunan nyeri dan peningkatan luas gerak sendi bahu.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.22/16 Kur t
Uncontrolled Keywords: Frozen shoulder, terapi manipulasi
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Iva Dwi Kurnia, NIM011310213037NIM011310213037
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImam Subadi, Dr. , dr., Sp.,KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorEndang Srihastuti, SST. Ft.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Jul 2016 06:58
Last Modified: 15 Jun 2017 18:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39919
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item