KUALITAS SPERMATOZOA DAN KADAR TESTOSTERON TIKUS PUTIH (Rattusnorvegicus) SETELAH PEMBERIAN ARAK BALI

Ni WayanSukmaAntari, 081324153001 (2016) KUALITAS SPERMATOZOA DAN KADAR TESTOSTERON TIKUS PUTIH (Rattusnorvegicus) SETELAH PEMBERIAN ARAK BALI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Download (867kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
325. 40024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian arak Bali terhadap kualitas spermatozoa (morfologi, motilitas, viabilitas, dan integritas membran), fragmentasi DNA dan kadar tertosteron pada tikus putih (Rattus novegicus). Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu: tahap pertama penyebaran kuesioner yang dilakukan di lima kabupaten di Bali, tahap kedua dilakukan pemberian perlakuan arak Bali 40% pada hewan coba yaitu tikus putih jantan sebanyak 24 ekor dengan berat 170-200 gram yang dibagi menjadi empat kelompok yaitu: Kontrol, dan tiga kelompok perlakuan berturut-turut pemberian arak Bali volume 0,1mL, volume 0,5mL dan alkohol sintesis voleme 0,1 selama 45 hari. Setelah 45 hari tikus di kurbankan dan di koleksi epididimis bagian cauda untuk pengamatan kualitas dan fragmentasi DNA spermatozoa, sedangkan serum darah tikus diambil untuk digunakan mengukur kadar testosteron. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arak Bali 0,1 mL dapat menurunkan kualitas spermatozoa tikus, sedangkan arak Bali 0,5 mL selain menurunkan kualitas juga menurunkan kadar testosteron, serta meningkatkan fragmentasi DNA spermatozoa. Hal ini juga tampak pada pemberian alkohol sintesis 0,1 mL. Kesimpulan dari penelitian ini adalah arak Bali dapat menurunkan kualitas spermatozoa (morfologi, motilitas, viabilitas, dan integritas membran), dan kadar testosteron, serta dapat meningkatkan fragmentasi DNA spermatozoa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TB 22/16 Ant k
Uncontrolled Keywords: Arak Bali, Kualitas spermatozoa (morfologi, motilitas, viabilitas, integritas membran), fragmentasi DNA, kadar testosteron, Tikus jantan (Rattus norvegicus).
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Ni WayanSukmaAntari, 081324153001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAlfiah Hayati, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorDwi Winarni, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 02 Aug 2016 08:28
Last Modified: 09 Jul 2017 17:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40024
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item