REGINA KURNIASARI, 101211132014 (2016) ANALISIS HUBUNGAN PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN (Studi di IGD Rumah Sakit Sido Waras Mojokerto). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (FULLTEXT)
350. 40050-ilovepdf-compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) | Request a copy |
||
|
Text (ABSTRAK)
351. 40050-asbtrak-ilovepdf-compressed.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Jumlah kunjungan pasien di IGD mengalami penurunan sejak tahun 2013 hingga tahun 2015. Selain itu survey meunjukkan adanya keluhan pasien atas pelayanan di IGD. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara pelayanan dengan kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit Sido Waras. Penelitian ini bersifat survey (obervasi-sectional). Dengan menggunakan teknik simple random sampling, maka didapatkan 86 responden yang diteliti. Variabelyang diteliti meliputi level ESI, proses lama waktu tunggu, pelayanan perawat, pelayanan dokter, dankeputusan rawat jalan dan rawat inap. Uji pearson dilakukan untuk mengetahui hubungan pelayanan dengan kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit Sido Waras. Hasil yang didapatkan yaitu tidak semua variabel pada pelayanan IGD berhubungan dengan kepuasan pasien. Level ESI tidak memiliki hubungan dengan kepuasan pasien (p=0,147) namun level ESI memiliki hubungan dengan keputusan rawat jalan dan rawat inap (p=0,000). Lama waktu tungu tidak memiliki hubungan dengan pasien (p=0,453),namun lama waktu tunggu memiliki hubungan dengan keputusan rawat jalan rawat inap (p=0,048). Namun, terdapat hubungan antara pelayanan perawat dan dokter dengan kepuasan pasien (p=0,000 dan p=0,004), namun tidak terdapat hubungan antara pelayanan perawat dan dokter dengan keputusan rawat jalan rawat inap (p= 0,164 dan p= 0,348). Tidak adanya hubungan antara kepuasan pasien dengan keputusan rawat jalan dan rawat inap (p=0,180). Sehhingga dapat disimpulkan bahwa tidak adanya hubungan level ISI, lama waktu tunggu, keputusan rawat jalan dan rawat inap dengan kepuasan pasien. Namun terdapat hubungan antara pelayanan perawat dan pelayanan dokter dengan kepuasan pasien. Terdapat hubungan level ESI dan lama waktu tunggu dengan keputusan rawat jalan rawat inap, namun tidak ada hubungan pelayan perawat dan dokter dengan keputusan rawat jalan rawat inap.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM.154/16 Kur a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | kepuasan, keputusan rawat jalan dan rawat inap, kualitas layanan IGD, pasien. | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics |
||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2016 05:02 | ||||||
Last Modified: | 02 Aug 2017 16:24 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40050 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |