Usman Hadi, Prof. Dr., dr., Sp.PD-KPTI (2014) PENGGUNAAN ANTIBIOTIK SECARA BIJAK DAN PENERAPAN KEWASPADAAN STANDAR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGENDALIKAN LAJU PERKEMBANGAN KUMAN KEBAL ANTIBIOTIK. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-grey-2016-hadiusman-40446-pg.03-14-p.pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Munculnya kuman kebal antibiotik merupakan suatu mekanisme perlindungan diri secara alamiah dari kuman terhadap penggunaan antibiotik untuk keperluan pengobatan dan pencegahan penyakit infeksi. Penggunaan antibiotik yang tidak rasional ataupun berlebihan, akan mempercepat terjadinya kuman kebal antibiotik. Di samping penggunaan untuk manusia, antibiotik banyak digunakan di berbagai kebutuhan seperti pada peternakan dan pertanian untuk tujuan pengobatan ataupun untuk merangsang pertumbuhan (WHO, 2011). Sejak ditemukan Penicillin oleh dr. Alexander Fleming pada tahun 1928 maka berbagai penyakit infeksi dapat diobati dengan baik, akan tetapi oleh karena pemakaian penicillin yang berlebihan maka tidak lama kemudian muncul kuman gonococci dan staphylococci yang kebal terhadap penicillin tersebut yaitu pada tahun 1941, sehingga saat ini khasiat penicillin untuk mengobati berbagai penyakit menjadi menurun atau bahkan hilang (Kirby 1944; Hadi 2006).
Item Type: | Other | ||||
---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKA KK PG.03/14 Had p | ||||
Uncontrolled Keywords: | PENGGUNAAN ANTIBIOTIK; KUMAN KEBAL ANTIBIOTIKs | ||||
Subjects: | R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse |
||||
Divisions: | 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Dalam Pidato Guru Besar |
||||
Creators: |
|
||||
Depositing User: | Ika Rudianto | ||||
Date Deposited: | 31 Oct 2016 20:48 | ||||
Last Modified: | 31 Oct 2016 20:51 | ||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40068 | ||||
Sosial Share: | |||||
Actions (login required)
View Item |