ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT PADA UNIT LOGISTIK INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT SITI KHODIJAH SEPANJANG

STELLA HERLIANTINE FEBREANI, 101211131196 (2016) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT PADA UNIT LOGISTIK INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT SITI KHODIJAH SEPANJANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM.170-16 Feb a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengendalian persediaan bertujuan untuk menciptakan keseimbangan antara persediaan dengan permintaan . Pengendalian persediaan obat pada rumah sakit yang tidak dilakukan dengan baik dapat menimbulkan terjadinya kekurangan persediaan (stockout) atau penumpukkan persediaan (stagnant). Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengendalian persediaan obat pada logistik farmasi RS Siti Khodijah Sepanjang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional dengan melakukan observasi dan wawancara. Wawancara mendalam dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang variabel-variabel yang diteliti. Variabel bebas penelitian adalah kebijakan pelayanan farmasi, standar prosedur operasional, perencanaan, pengadaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pemusnahan, pencatatan dan pelaporan serta evaluasi. Variabel terikat pada penelitian ini yakni obat stagnant dan stockout. Hasil penelitian adalah persediaan obat di RS Siti Khodijah Sepanjang mengalami stagnant sebesar 38,9% dan stockout sebesar 29,3% pada periode Januari hingga September 2015. Kebijakan pelayanan farmasi rumah sakit belum mengatur perihal pendistribusian obat dan kurang mendukung pengendalian persediaan. Kegiatan perencanaan, penerimaan, pendistribusian dan penyimpanan yang dilakukan kurang efektif sehingga menyebabkan terjadinya stagnant dan stockout obat. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah kebijakan pelayanan farmasi rumah sakit dan sistem manajemen logistik yang dijalankan belum efektif sehingga terjadinya stagnant dan stockout obat. Disarankan agar penambahan poin kebijakan untuk dapat mendukung pengendalian persediaan, perencanaan dilakukan dengan menggunakan metode, mengoptimalkan segala kegiatan sesuai dengan standar prosedur operasional. Perlu dilakukan evaluasi terhadap seluruh kegiatan manajemen pengelolaan persediaan obat selain audit keuangan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.170/16 Feb a
Uncontrolled Keywords: Pengendalian persediaan, kebijakan pelayanan farnasi, pengelolaan persediaan obat, obat stockout dan stagnant.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
STELLA HERLIANTINE FEBREANI, 101211131196UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly Chalidyanto, Dr., S.KM,. M.ARS.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 04 Aug 2016 05:57
Last Modified: 04 Aug 2016 05:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40188
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item