UPAYA PENANGGULANGAN HIPERTENSI RENAL DI INDONESIA

Made Sukahatya (1994) UPAYA PENANGGULANGAN HIPERTENSI RENAL DI INDONESIA. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-grey-2011-sukahatyam-20422-pg6910-k.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
429. 40257-ilovepdf-compressed.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada kesempatan yang berbahagia ini, ijinkanlah saya mengucapkan puja dan puji syukur kepada Ida Sang Hyang Widhiwasa —Tuhan yang Maha Esa— atas segala rahmat dan karunia yang telah dilimpahkanNya kepada kita semua sehingga dapat menghadiri rapat senat terbuka pagi ini dalam suasana bahagia, tenteram dan sehat walafiat. Hadirin yang saya muliakan Atas perkenan para hadirin saya akan menyampaikan makalah tentang UPAYA PENANGGULANGAN HIPERTENSI RENAL DI INDONESIA pada acara peresmian penerimaan jabatan saya sebagai Guru Besar dalam mata ajaran Ilmu Penyakit Dalam di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga tercinta ini. Ilmu dan pelayanan penyakit ginjal sudah mempunyai sejarah beberapa abad didunia (mis. Cina 200 SM) dan di Indonesia perhatian terhadap ilmu tersebut mulai berkembang sejak akhir tahun 1950. Hipertensi adalah kelainan yang diketahui relatif baru —setelah Riva Rocci membuat manometer pertama kali pada tahun 1889— dan dikelola oleh berbagai disiplin ilmu kedokteran, baik kedokteran umum maupun dokter spesialis berbagai bidang (dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis penyakit ginjal, dokter spesialis penyakit jantung, dokter spesialis endokrin, dokter spesialis farmasi dan dokter spesialis farmakologi klinik) tergantung dari minat dan sejarah pengembangannya diberbagai tempat.

Item Type: Other
Additional Information: kka kk PG 69/10 Suk a
Uncontrolled Keywords: hipertensi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: Pidato Guru Besar
01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Dalam
Creators:
CreatorsNIM
Made SukahatyaUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 28 Sep 2016 00:50
Last Modified: 20 Jun 2017 16:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40257
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item