SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG LIMBAH IKAN HIU (Carcharhinus sp.) TERHADAP PERTUMBUHAN, EFISIENSI PAKAN DAN SURVIVAL RATE IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.)

NOVAN AGIL PERMANA (2013) SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG LIMBAH IKAN HIU (Carcharhinus sp.) TERHADAP PERTUMBUHAN, EFISIENSI PAKAN DAN SURVIVAL RATE IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.). UNIVERSITAS AIRLANGGA, -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-grey-2015-permananov-39387-3.--abst-k.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini ikan lele dumbo sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat, hal ini dikarenakan ikan lele dumbo merupakan salah satu komoditas penting dalam perikanan. Upaya untuk meningkatkan produksi ikan lele dumbo adalah dengan cara meningkatkan kualitas pakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan tepung limbah ikan hiu terhadap laju pertumbuhan, efisiensi pakan dan survival rate ikan lele dumbo. Metode penelitian adalah eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), penelitian terdiri dari lima perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah : (A) tepung limbah ikan hiu sebesar 0% dan tepung ikan sebesar 50%, (B) 5% tepung limbah ikan hiu dan 45% tepung ikan, (C) 10% tepung limbah ikan hiu dan 40% tepung ikan, (D) 15% tepung limbah ikan hiu dan 35% tepung ikan dan (E) 20% tepung limbah ikan hiu dan 30% tepung ikan. Parameter utama yang diamati adalah pertumbuhan, efesiensi pakan dan survival rate. Parameter penunjang yang diamati adalah kualitas air. Analisis data menggunakan analisis of varian (ANOVA) dan untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan dilakukan uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung limbah ikan hiu pada ransum pakan memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata pada pertumbuhan dan efisiensi pakan Pemberian tepung limbah ikan hiu pada ransum pakan memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap SR (Survival Rate). Dosis terbaik adalah perlakuan C (10%) dengan pertumbuhan rata � rata (1,26%/hari), efisiensi pakan rata � rata (38,64%) dan survival rate (55%).

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK AI.PK.BP.03-15 Per s
Uncontrolled Keywords: Clarias sp., Carcharhinus sp., pertumbuhan, efisiensi pakan, survival rate.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Artikel Ilmiah
Creators:
CreatorsNIM
NOVAN AGIL PERMANAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 26 Oct 2016 16:42
Last Modified: 26 Oct 2016 16:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40292
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item