PENAMBAHAN EKSTRAK AIR PANAS Spirulina platensis PADA PAKAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, RASIO KONVERSI PAKAN DAN EFISIENSI PAKAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

REZCA PUJI AYU LESTARI (2014) PENAMBAHAN EKSTRAK AIR PANAS Spirulina platensis PADA PAKAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, RASIO KONVERSI PAKAN DAN EFISIENSI PAKAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei). UNIVERSITAS AIRLANGGA, -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-grey-2015-lestarirez-39463-2.--abst-k.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan nutrisi pada udang vaname dapat disuplai dari pakan yang diberikan. Pakan merupakan komponen penting untuk menentukan keberhasilan budidaya udang, sehingga diperlukan pakan yang mempunyai kandungan nutrisi tinggi. Salah satunya dengan penambahan feed additive melalui pencampuran pakan yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pakan. Penggunaan pakan dengan penambahan ekstrak air panas Spirulina platensis berperan penting dalam pertumbuhan dan kesehatan udang vaname, karena mengandung asam amino, polisakarida dan fikosianin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penambahan ekstrak air panas Spirulina platensis terhadap laju pertumbuhan, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan udang vaname. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Pada penelitian ini penambahan ekstrak air panas Spirulina platensis pada pakan adalah sebesar 0 mg/kg pakan (A), 200 mg/kg pakan (B), 400 mg/kg pakan (C), 600 mg/kg pakan (D) dan 800 mg/kg pakan (E) masing-masing perlakuan diulang sebanyak empat kali. Parameter yang diamati adalah laju pertumbuhan, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan udang vaname. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ekstrak air panas Spirulina platensis pada pakan selama 28 hari pemeliharaan memberikan pengaruh yang sangat berbeda nyata (P<0,01) terhadap laju pertumbuhan, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan udang vaname. Pemberian dosis yang terbaik yaitu pada perlakuan E sebesar 800 mg/kg pakan yang menghasilkan laju pertumbuhan sebesar 0,18 gram/hari, pertumbuhan panjang 2,72 cm, rasio konversi pakan 1,3 dan efisiensi pakan 73,77%.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK AI.PK.BP.05/15 Les p
Uncontrolled Keywords: Udang Vaname, Spirulina platensis, Laju pertumbuhan, Rasio Konversi pakan dan Efisiensi Pakan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH327.5-327.7 Fishery resources. Fishery conservation
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Artikel Ilmiah
Creators:
CreatorsNIM
REZCA PUJI AYU LESTARIUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 26 Oct 2016 16:51
Last Modified: 26 Oct 2016 16:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40294
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item