SISTEM PEMBELAJARAN ANATOMI VETERINER DENGAN PENERAPAN KELAS PARALEL DAN SARANA MULTIMEDIA/ AUDIOVISUAL

Yeni Dhamayanti and Rudy Sukamto Setiabudi and Benjamin C. Tehupuring and Hana Eliyani (2005) SISTEM PEMBELAJARAN ANATOMI VETERINER DENGAN PENERAPAN KELAS PARALEL DAN SARANA MULTIMEDIA/ AUDIOVISUAL. UNIVERSITAS AIRLANGGA, -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2007-dhamayanti-4192-lp4107-k.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2007-dhamayanti-4192-lp4107.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mata kuliah anatomi dipandang mahasiswa kurang menarik. Untuk itu perlu dirancang penyajian metode PBM yang lebih menarik. Metode PBM pada kegiatan ini diterapkan pada mata kuliah Anatomi Veteriner II (KHA 014) periode tahun 2005 yang diikuti oleh 145 mahasiswa. Pelaksanaan kegiatan berlangsung pada semester genap 2005. Tahap persiapan dilakukan penyusunan Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP), Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dan penghimpunan data evaluasi hasil belajar (nilai) mahasiswa pada semester genap Anatomi Veteriner II angkatan 2003/2004. Pengadaan media instruksional berupa bahan ajar, multimedia serta pengaturan jadwal kuliah dan praktikum. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa terbagi menjadi dua kelompok besar. Untuk kegiatan praktikum, kelompok besar dibagi kembali menjadi 10 kelompok kecil. Penyajian materi perkuliahan disajikan secara paralel. Materi praktikum mengikuti materi perkuliahan yang diberikan. Pada setiap tahap ditutup dengan ujian teori maupun praktikum. Efisiensi dan efektivitas dari kegiatan dikaji keberhasilannya melalui suatu uji evaluasi. Pada program pendidikan disarankan bentuk evaluasi manajerial sebagai pengukur kinerja proses Belajar Mengajar serta Evaluasi substansial berupa pengukuran hasil belajar mahasiswa. Evaluasi manajerial menunjukkan hasil yang memuaskan. Perkuliahan dan praktikum masing-masing mempunyai nilai IK sebesar 78. Akhir metode PBM, nilai A, AB, B, BC dan C berturut-turut adalah 7,59; 9,66, 22,07; 26,21 dan 13,10 %. Sedangkan nilai D dan E masing-masing adalah 12,41 dan 8,97%. Setelah ditelusuri, nilai D dan E terbanyak dikontribusi oleh mahasiswa ulang dan alih jenjang. Mengacu pada hasil evaluasi yang telah dapat disimpulkan strategi PBM pada mata kuliah Anatomi Veteriner II dengan penerapan kelas paralel dan penggunaan sarana multimedia / audiovisual sebagai media instruksional meningkatkan daya tarik dan daya serap mahasiswa. Saran yang dapat disampaikan kiranya kegiatan ini dapat menjadi landasan mengevaluasi kinerja staf pengajar dan kegiatan laboratorium untuk penyempurnaan pelaksanaan PBM di masa mendatang. Selain itu, perlu pula diperhatikan kualitas mahasiswa alih jenjang saat penerimaan mahasiswa baru. Disamping itu, perlu pula diperhatikan penjadualan ujian akhir dan ujian perbaikan agar tidak tumpang tindih, terutama untuk mahasiswa ulang.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP 41/07 Sis
Uncontrolled Keywords: VETERINARY ANATOMY - STUDY AND TEACHING
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Yeni DhamayantiUNSPECIFIED
Rudy Sukamto SetiabudiUNSPECIFIED
Benjamin C. TehupuringUNSPECIFIED
Hana EliyaniUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 28 Oct 2016 20:27
Last Modified: 28 Oct 2016 20:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40326
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item