PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRIMA PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN KEPUASAN ATAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Eksplanatif di KPP Madya Surabaya)

IVA KURNIA SETYAWATI, 040610624 (2010) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRIMA PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN KEPUASAN ATAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Eksplanatif di KPP Madya Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-setyawatii-15647-abstraka-p.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-setyawatii-13010-a45510-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh kualitas pelayanan prima perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak dengan kepuasan atas pelayanan sebagai variabel intervening pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Surabaya. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian eksplanatif atau eksplanatori yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang berisi daftar pernyataan yang merupakan indikator dari tiap variabel yang diteliti. Responden yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak yang terdaftar di KPP Madya Surabaya yang berjumlah 1281 per Februari 2010. Sebagai sampel diambil 93 Wajib Pajak. Kuesioner yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan program SPSS (Stastical Product and Service Solution) versi 15. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan prima perpajakan terhadapa kepatuhan Wajib Pajak dengan kepuasan atas layanan sebagai variabel intervening, uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas dan uji heteroskedastisitas, dan uji hipotesis yang terdiri dari nalisis regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan prima perpajakan terhadap kepuasan atas pelayanan dan pengaruh kepuasan atas pelayanan terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Hasil dari tiap pengujian menunjukkan : (1) kualitas pelayanan prima perpajakan berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap kepuasan atas pelayanan, (2) kepuasan atas pelayanan berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak, (3) kualitas pelayanan prima perpajakan berpengaruh secara tidak langsung terhadap kepatuhan Wajib Pajak dengan kepuasan atas pelayanan sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 455/10 Set p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER SATISFACTION; JOB SATISFACTION
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
IVA KURNIA SETYAWATI, 040610624UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAlfa Rahmiati, SE., MM., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 04 Mar 2011 12:00
Last Modified: 12 Oct 2016 07:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4054
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item