Peningkatan softskill mahasiswa berbasis IESQ melalui pendekatan eksperimen

Mohamad Sujunus, Drs.,MAFIS.,Ak (2012) Peningkatan softskill mahasiswa berbasis IESQ melalui pendekatan eksperimen. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2013-sujunusmoh-27274-lp.08-13-p.pdf

Download (550kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam dunia pendidikan tinggi, kemampuan dalam meningkatkan kadar ESQ merupakan salah satu syarat untuk meningkatkan softskill mahasiswa. Softskill meliputi berbagai aktivitas pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berorganisasi, kemampuan bekerjasama (team-work), keberanian dalam menghadapi taantangan, visioner. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengajaran mahasiswa dengan metode konvensional dibandingkan dengan metode postmodem yang mencoba mengkombinasikan peningkatan kemampuan softskill yang berbasis pada IESQ. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang efektifitas penggunaan pembelajaran aktif (active learning) dalam meningkatkan nilai akademik. Metode deskriptif digunakan karena akan menghasilkan data faktual yang diolah secara kuantitatif berdasarkan informasi statistik, dan data kualitatif yang dihasilkan berdasarkan hasilhasil penelitian. Desain penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah pretest post-tes desain. Metode eksperimen dilakukan pada tahun pertama. Pendekatan kualitatif digunakan pada tahun kedua dengarl metode deep interview meialui focus group discussion (FGD) bersama para ahli dibidangya untuk mensinergikan dan mencapai hasil yang terbaik. Menemukan formula baru yang merupakan hasil penggodokan dari aktivitas a sehingga dapat digunakan sebagai prod uk yang berupa acuan peningkatan sooftskill yang berbasis IESQ. Dari penelitian ternyata didapatkan bahwa peningkatan softskill mahasiswa akan memberikan perubahan positif pad a kemampuan dan prestasi akademis. Hal ini ditandai dengan perubahan secam positif pad a capaian nilai tes yang dilakukan pada para partisipan dalam penelitian ini. Jika nilai test tersebut dikomparasikan dengan nilai akademis selama pengamatan maka akan terlihat kenaikan nilai akademis yang bermakna Namun demikian masih ada kasus dimana peningkatan softskill belum menunjukkan dampaknya pada pencapaian nilai akademis.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP.08/13 Suj p tanpa abstrak
Uncontrolled Keywords: IESQ , SOFTSKILL , METODE PENGAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Mohamad Sujunus, Drs.,MAFIS.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 06 Oct 2016 05:08
Last Modified: 06 Oct 2016 05:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40826
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item