Kematian sel otak masa embrional yang tercemar karbofuran dalam menurunkan fungsi reflek dan motorik anak mencit (Mus musculus)

Epy Muhammad Luqman, Drh.,M.Si and Widjiati, Dr.,M.Si.,Drh (2012) Kematian sel otak masa embrional yang tercemar karbofuran dalam menurunkan fungsi reflek dan motorik anak mencit (Mus musculus). UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
luqmanepym.pdf

Download (565kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mekanisme terjadinya penurunan reflek dan motorik pada janin induk: yang tercemar karbofuran selama kebuntingan. Penurunan reflek dan motorik tersebut disebabkan kematian sel neuron pada masa perkembangan otak. Penelitian eksperimental laboratoris ini menggunakan 120 ekor mendt dan karbofuran disuntikan secara gavage dengan fraksi dosis LDso pada mencit pada umur kebuntingan 6 -15 han. Pada umur kebuntingan 17 induk mendt dikoIbankan dan otak janin diambil untuk dibuat sediaan histopatologik. Pemeriksaan mikroskopik dilakuk:an dengan cam menghitung jumlah sel nekrosis dengan pewarnaan HE dan apoptotik otak janin melalui ekspresi caspase 3 dengan pengecatan imunohistokimia. Uji fungsi reflek dan motorik otak (neurobehaviora/ test) anak mendt umur 12 hari meliputi : menghindari jurang dan geotaksis negatif, berenang, mengangkat badan dan anggota belakang. Hasil penghitungan sel nekrosis dan ekspresi caspase 3, persentase keberhasilan kemampuan motorik anak mencit diambil nilai rerata dan dianalisis. Data disajikan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pemaparan insektisida karbofuran masa embrional dapat meningkatkan ekspresi caspase 3, nekrosis sel neuron korteks serebrum, menurunkan kemapuan reflek anak mendt seiring dengan dosis yang diberikan namun tidak memberikan pengaruh terbadap kemampuan motorik anak mendt.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.42/13 Luq k
Uncontrolled Keywords: Cell death. Carbofuran. fetal brain, motoric
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Epy Muhammad Luqman, Drh.,M.SiUNSPECIFIED
Widjiati, Dr.,M.Si.,DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 06 Oct 2016 03:31
Last Modified: 06 Oct 2016 03:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40912
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item