Produksi senyawa bioaktif antimikroba pada Dumortiera hirsuta dengan bioteknologi kultur jaringan : Identifikasi senyawa bioaktif antimikroba pada lumut hati (Dumortiera hirsuta)

Junairiah, S.Si.,M.Kes and Sukarti Moeljopawiro, Prof.,Ph.D and Endang Semiarti, Dr.,MS.,M.Sc and Ni’matuzahroh (2012) Produksi senyawa bioaktif antimikroba pada Dumortiera hirsuta dengan bioteknologi kultur jaringan : Identifikasi senyawa bioaktif antimikroba pada lumut hati (Dumortiera hirsuta). UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2013-junairiah-27691-lp09-12-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
junairiah.pdf

Download (186kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lurnut hati Dumortiera hirsuta memiliki potensi sebagai antimikroba. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aktivitas antimikroba ekstrak kalus dan mekanisme penghambatan senyawa antimikroba ekstrak kalus terhadap mikroba patogen Staphylocossus aureu.{ ATCC 25923, Escherichia coli ATCC 25922, dan Candida albicans ATCC 10231. Aktivitas antimikroba diuj i dengan metode difusi cakram dan pengenceran dalam tabung. Data diameter zona hambat dan nilai MIC dianalisis secara deskriptif Ekstrak kalus dianalisis dengan GCMS. Berdasarkan hasil peneltian ekstrak kloroform menunjukkan aktivitas antimikroba yang tinggi terhadap Candida albicans dibandingkan dengan Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Mekanisme penghambatan senyawa antimikroba ekstrak kalus terhadap mikroba patogen adalah dengan merusak biomembran mikroba.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.47/13 Jun p
Uncontrolled Keywords: Produksi senyawa bioaktif antimikroba pada Dumortiera hirsuta dengan bioteknologi kultur jaringan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Junairiah, S.Si.,M.KesUNSPECIFIED
Sukarti Moeljopawiro, Prof.,Ph.DUNSPECIFIED
Endang Semiarti, Dr.,MS.,M.ScUNSPECIFIED
Ni’matuzahrohUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 06 Oct 2016 03:34
Last Modified: 06 Oct 2016 03:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40917
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item