KONSTRUKSI IDENTITAS FASHION INFLUENCER DALAM FOTO FASHION MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM AYLA DIMITRI DAN RAMA DICANDRA

DIYANG RIZKY BERLINA, 071211533001 (2016) KONSTRUKSI IDENTITAS FASHION INFLUENCER DALAM FOTO FASHION MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM AYLA DIMITRI DAN RAMA DICANDRA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN FIS.K.37-16 BER K.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FIS.K.37-16 BER K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan identitas yang direpresentasikan oleh fashion influencer Indonesia dalam foto fashion melalui media sosial Instagram. Fashion influencer dapat dikatakan sebuah fenomena dan aktivitas kultural yang menarik. Kini referensi mode tidak lagi ‘eksklusif’ hanya datang dari kalangan ‘elit’ mode, seperti perancang busana, selebritas, atau label internasional, namun juga bisa muncul dari ‘orang biasa’ yang mencintai mode. Instagram merupakan salah satu media sosial dimana para penggunanya bisa mengunggah berbagai foto dan video singkat. Melalui media sosial Instagram ini fashion influencer menunjukan atau menampilkan identitas dirinya kepada orang lain. Karena keberadaan sebuah foto dapat menimbulkan persepsi pada setiap orang yang melihatnya dan foto mengandung pesan yang berusaha disampaikan oleh komunikator atau pemilik akun. Untuk mendeskripsikan hal tersebut, peneliti mendeskripsikan identitas yang dipresentasikan oleh fashion influencer menggunakan pendekatan semiotika sosial dengan menekankan pada makna konotatif dan denotatif dalam foto fashion melalui media sosial Instagram yang menjadi objek penelititan, yaitu Ayla Dimitri dan Rama Dicandra. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif menggunakan analisis semiotika dengan menginterpretasi data berupa foto pada akun pribadi mereka. Kesimpulan penelitian ini adalah Instagram digunakan sebagai media untuk merepresentasikan identitas diri oleh fashion influencer. Identitas yang dipresentasikan oleh fashion influencer melalui akun pribadi Instagramnya adalah seseorang yang melalui pakaian yang digunakan mampu membentuk karakter dalam dirinya dan memiliki makna yang dapat dikomunikasikan kepada orang lain yaitu genderless fashion. Serta seseorang yang erat kaitannya dan tidak pernah terlepas dari kesan fashionable, menghabiskan waktu luangnya untuk mendapatkan hiburan, dan terlibat dalam kegiatan yang dapat disimpulkan bahwa Ayla Dimitri dan Rama Dicandra memiliki identitas sebagai fashion influencer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.37/16 Ber k
Uncontrolled Keywords: fashion, gender, Instagram, presentasi diri, identitas, dan semiotika sosial.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
DIYANG RIZKY BERLINA, 071211533001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Ariyani, S.Sos, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Aug 2016 08:25
Last Modified: 06 Jun 2017 19:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41236
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item