PERJUANGAN DAN EKSISTENSI PEREMPUAN PASCA KOLONIAL DI INDONESIA (STUDI ANALISIS TEKS FILM PADA FILM “SANG PENARI”)

Moh. Agus Habibullah, 071211531059 (2016) PERJUANGAN DAN EKSISTENSI PEREMPUAN PASCA KOLONIAL DI INDONESIA (STUDI ANALISIS TEKS FILM PADA FILM “SANG PENARI”). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.39-16 Hab p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana film Indonesia mengungkapkan makna pesan yang menggambarkan perjuangan dan eksistensi perempuan pada masa pasca kolonial di Indonesia yang ditampilkan dalam film Sang Penari (2011). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan diskursus mengenai perempuan pada masa pasca kolonial, meliputi perjuangan dan eksistensi perempuan, yang disampaikan pada film Sang Penari sekaligus praktik sosio-kultural yang melingkupi perempuan. Selain itu, untuk mendeskripsikan perjuangan dan eksistensi perempuan pasca kolonial di Indonesia dalam film Sang Penari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah discourse analysis dengan tujuan untuk memberikan analisis mendalam terkait elemen-elemen yang digunakan pada film Sang Penari. Selain itu, untuk mempertajam analisis digunakan pula pandangan tentang postcolonial feminism. Hasil analisis penelitian ini adalah perempuan dalam film Sang Penari merupakan perempuan yang tengah mengalami opresi, baik yang dilakukan oleh lakilaki maupun sistem sosial yang patriarki. Selain itu, posisi perempuan sebagai subaltern menempatkannya pada status second sex yang berimbas eksistemsinya hanya sebatas pendukung laki-laki. Status liyan yang melekat pada perempuan berdampak pada hilangnya hak-hak dan kebebasan milik perempuan karena terbungkam kuasa laki-laki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.39/16 Hab p
Uncontrolled Keywords: Sang Penari, pasca kolonial, discourse analysis, postcolonial feminism, subaltern, liyan.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Moh. Agus Habibullah, 071211531059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Prof., Dra., M.Comm., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Aug 2016 08:34
Last Modified: 26 Aug 2016 08:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41238
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item