REPRESENTASI ANAK-ANAK PAPUA DALAM FILM DI TIMUR MATAHARI

LAILATUL KHOIRIYAH, 071211531030 (2016) REPRESENTASI ANAK-ANAK PAPUA DALAM FILM DI TIMUR MATAHARI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.53-16 Kho r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini tentang representasi anak-anak Papua dalam film Di Timur Matahari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan representasi anakanak Papua dalam film Di Timur Matahari. Signifikansi penelitian ini didasarkan pada adanya marginalisasi anak-anak Papua di media selama ini dengan dilekatkan pada stereotipe tertentu. Media di Indonesia ketika berbicara mengenai Papua diidentikkan dengan konflik yang berujung pada kekerasan, perbedaan mencakup sumber daya manusia dan pembangunan di Papua secara fisik. Selain itu juga media juga menunjukkan adanya perbedaan orang-orang di Papua dengan Indonesia dalam hal kenampakan fisik. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah anak-anak dalam sudut pandang sosiologis, psikologis anak, gender, film anak, represents anak dalam film, etnis dalam film yang dikaitkan dengan sudut pandang orientalisme. Demi tercapainya penelitian dengan analisis yang mendalam, peneliti menggunakan metode analisis semiotik Roland Barthes. Penelitian dilakukan secara deskriptif dengan menganalisis aspek denotasi dan konotasi. Kemudian dikaitkan dengan mitos yang berkembang dalam konteks Papua. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu identitas anak-anak Papua dalam reperesentasinya di film Di Timur Matahari menghadirkan mitos anak-anak Papua dalam pendidikan di Papua, ketergantungan terhadap orang tua, pembentukan karakter anak yang berkaitan dengan nilai maskulin dan feminin, identitas spiritualitas agama Kristen, dan bangga menjadi bagian dari Papua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.53/16 Kho r
Uncontrolled Keywords: anak-anak, Papua, film Di Timur Matahari, stereotipe, mitos
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ767.8-792.2 Children. Child development
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
LAILATUL KHOIRIYAH, 071211531030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Aryani Suwito, S.S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:02
Last Modified: 07 Jun 2017 17:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41253
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item