ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN PADA PELANGGAN TETAP MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT DI SURABAYA

Erina Rizky Amelia Putri, 071115072 (2016) ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN PADA PELANGGAN TETAP MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (927kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.56-16 Put a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kecenderungan loyalitas pelanggan majalah Panjebar Semangat di Surabaya. Sebagaimana yang diketahui,perkembangan majalah berbahasa Jawa di Indonesia saat ini cukup memprihatinkan. Saat ini hanya terdapat dua majalah berbahasa Jawa yang masih beredar di Surabaya. Panjebar Semangat merupakan salah satunya dengan oplah terbanyak dibanding majalah serupa lainnya. Banyaknya majalahmajalah berbahasa Indonesia yang lebih modern dan lebih aplikatif dalam berbahasa menjadi ancaman terbesar bagi majalah ini. Berangkat dari hal tersebut,peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana majalah ini mampu bertahan di era modern saat ini, dengan masih terus berproduksi dan memiliki pelanggan tetap. Peneliti ingin mengetahui bagaimana kecenderungan loyalitas dari para pelanggan majalah ini,yang mana dalam penelitian ini dilihat dari dua dimensi loyalitas,yakni perilaku dan sikap. Kemudian peneliti membagi pelanggan kedalam empat tipe loyalitas,yakni True Loyalty,Spurious Loyalty,Latent Loyalty, dan No Loyalty. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey,yakni dengan menyebar kuisioner ke 95 responden yang merupakan pelanggan dari majalah Panjebar Semangat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan loyalitas pelanggan majalah Panjebar Semangat cukup tinggi. Dari keseluruhan pelanggan, 86% termasuk kedalam kategori tipe True Loyalty ,13% termasuk kedalam kategori tipe Spurious Loyalty, dan 1% nya termasuk kategori tipe Latent Loyalty . Situasi ini harusnya memberikan keuntungan bagi majalah PS,dimana pelanggan loyal merupakan manifestasi yang menguntungkan bagi sebuah perusahaan. Hasil penelitian ini selanjutnya dapat dijadikan acuan bagi perusahaan dalam menentukan strategi komunikasi pemasaran yang lebih efektif dan terfokus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.56/16 Put a
Uncontrolled Keywords: Loyalitas Pelanggan, Perilaku Konsumen, Komunikasi Pemasaran, Tipe Loyalitas, Majalah Panjebar Semangat
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Erina Rizky Amelia Putri, 071115072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYayan Sakti Suryandaru, Dr., S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:19
Last Modified: 29 Aug 2016 02:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41256
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item