Strategi Komunikasi Efektif Guru Sekolah Kristen dalam Menerapkan Pengajaran Pendidikan Agama pada Siswa Muslim di SMP Kristen Pirngadi Surabaya

Mirda Risky Karinda, 070810199 (2016) Strategi Komunikasi Efektif Guru Sekolah Kristen dalam Menerapkan Pengajaran Pendidikan Agama pada Siswa Muslim di SMP Kristen Pirngadi Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.81-16 Ira m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian Strategi Komunikasi Efektif Guru Agama Kristen dalam Menerapkan Pengajaran Pendidikan Agama Kristen pada Siswa Muslim di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Pirngadi Surabaya ini membahas tentang strategi komunkasi guru agama Kristen disekolah Kristen Pirngadi Surabaya terhadap siswa yang beragama Islam. Adanya perbedaan keyajinan antara yang di jalankan di kehidupan setiap harinya den keyakinan yang diterima dan wajib di pelajari saat berada disekolah. Sekolah Kristen Pirngadi merupakan sekolah yang berlandaskan iman Kristen dan pelajaran akan keyakinan yang diterapkan disekolah Kristen Pirngadi adalah agama Kristen. Dan semua siswa wajib mempelajari Agama Kristen sebagaimana diatur dalam kurikulum sekolah. Perbedaan keyakinan murid –murid muslim melatar belakangi penerimaan dalam mencerna pengetahuan tentang Agama Kristen. Sebagaimana di wajibkan oleh sekolah maka siswa muslim harus mempelajari agama Kristen. Komunikasi interpersonal/antarpribadi antara guru dengan murid diharapkan untuk dapat menghasilkan komunikasi yang efektif. Attachment teori yang menekankan antara kedekatan individu, teori ini pentig untuk membahas mengenai perkembangan hubungan dan komunikasi. Sedang untuk menanggulangi perbedaan yang terjadi karena perbedaan agama dan kepercayaan sebagaimana dalam Relational Dialectical Theory hadir untuk mengatasi kekuatan yang bertentangan sebagaimana Dalam hubungan yang mengalami kontradiksi dialektika. Pentingnya pendidikan Agama diusia remaja untuk membangun pribadi dan akhlak remaja agar baik. Hal ini merupakan tugas dari lingkungan keluarga dan sekolah. Penerapan pendidikan Agama dilakukan di setiap tingkatan pendidikan. Pendidikan diharapkan dapat menjadikan manusia menjadi lebih baik dan berkarakter. Sekolah merupakan sarana atau media pengajaran pendidikan. Merupakan tugas utama sekolah menciptakan anak didik yang berkualitas, dan kompeten sebagai agen perubahan bangsa. Bagaimana strategi komunikasi efektif yang dilakukan oleh guru di sekolah Kristen Pirngadi dalam menerapkan pengajaran pendidikan pada siswa muslim di sekolah. Khususnya pada pendidikan agama dan pendidikan di luar agama SMP Kristen Pirngadi merupakan sekolah swasta yang ada di Surabaya yang berbasik agama Kristen dan berdasarkan iman Kristen. Mayoritas siswa dan pengajar yang bersekolah di SMP Pirngadi adalah beragama Kristen. Metode penelitian skripsi adalah kualitatif dengan melibatkan pengumpulan beraneka sumber informasi dari informan. Jenis sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data primer yang didapatkan dari pelaksanaan wawancara dengan instrumen penelitian guide line interview. Unit analisis dalam penelitian ini adalah narasi transkrip wawancara serta teks dokumen. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam pada setiap informan, teknik pengumpulan observasi dan dokumentasi. Strategi komunikasi yang paling efektif dilakukan guru Agama Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pringadi dalam menerapkan pembelajaran pendidikan agama pada siswa muslim adalah dengan memberikan gambaran dan pola pikir kepada anak didik supaya berpikir sesuai dengan logikanya dan menerima pendidikan agama Kristen sebagai sebuah pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.81/16 Ira m
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Efektif, Pengajaran Agama Kristen, beda Agama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators > LB1775-1785 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Mirda Risky Karinda, 070810199UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy Pahrun Wadipalapa, S.Ikom., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:57
Last Modified: 07 Jun 2017 19:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41279
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item