KUALITAS PELAYANAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DALAM RANGKA MENJAMIN PERLINDUNGAN KESEHATAN BAGI PESERTA BPJS DI RSUD DR. M. SOEWANDHIE KOTA SURABAYA

NIKKEN LARASATI, 071211133064 (2016) KUALITAS PELAYANAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DALAM RANGKA MENJAMIN PERLINDUNGAN KESEHATAN BAGI PESERTA BPJS DI RSUD DR. M. SOEWANDHIE KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (884kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.24-16 Lar k-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan publik merupakan salah satu kewajiban dan tugas yang harus dilaksanakan oleh negara. Pelayanan publik bidang kesehatan tentu menjadi salah satu prioritas negara untuk menyediakan kebutuhan dasar kesehatan perorangan atau masyarakat. Salah satu upaya pemerintah untuk menjamin perlindungan kesehatan dasar tersebut adalah dengan menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional sejak tahun 2014 bagi masyarakat yang membayar iuran maupun iurannya dibayar oleh pemerintah. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan program jaminan kesehatan nasional dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan di RSUD Dr. M. Soewandhie Kota Surabaya. Pada penelitian ini dalam melihat kualitas pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional menggunakan enam dimensi kualitas pelayanan yaitu Tangible, Responsiveness, Reliability, Assurance, Empathy, dan Access. Penelitian ini merupakan penelitan dengan metode kualitatif dan tipe deskriptif. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive sampling melalui key informan dilanjut dengan teknik snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada teknik pemeriksaan dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional dalam rangka menjamin perlindungan kesehatan bagi peserta BPJS sudah baik. Namun masih ada aspek-aspek yang perlu diperbaiki seperti ketersediaan fasilitas atau sarana pendukung pelayanan pada pasien baik di rawat jalan, rawat inap maupun IGD, penambahan tenaga medis, ketepatan dan kecepatan waktu pelayanan. Kemudian terdapat faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan dimana faktor kemampuan pegawai dan faktor perilaku kerja pegawai mejadi faktor pendorong kualitas yang baik. Sementara faktor sistem pelayanan dan faktor kebijakan yang menjadi faktor penghambat kualitas yang baik di RSUD Dr. M. Soewandhie Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.24/16 Lar k
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Program Jaminan Kesehatan Nasional, BPJS
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8075-8107 Insurance business. Insurance management
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9371-9399 Health insurance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
NIKKEN LARASATI, 071211133064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:29
Last Modified: 08 Jun 2017 17:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41285
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item