EKSPLOITASI DAN STRATEGI BERTAHAN HIDUP ANAK YANG MENJADI PENGAMEN JALANAN (Studi Deskriptif Pada Pengamen Anak Di Kabupaten Sidoarjo)

Muhammad Haris Sholihuddin, 071211431014 (2016) EKSPLOITASI DAN STRATEGI BERTAHAN HIDUP ANAK YANG MENJADI PENGAMEN JALANAN (Studi Deskriptif Pada Pengamen Anak Di Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.50-16 Sho e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena eksploitasi terhadap pengamen anak menjadi salah satu permasalahan sosial yang harus diselesaikan oleh semua kalangan, baik pemerintah ataupun masyarakat. Eksploitasi terhadap pengamen anak tidak dilakukan oleh mafia ataupun preman jalanan, melainkan dari orang terdekat pengamen anak yaitu keluarga mereka sendiri. Fokus kajian penelitian ini yakni bagaimana bentuk eksploitasi anggota keluarga terhadap pengamen anak, dampak sosial dan pendidikan yang dialami pengamen anak, serta strategi bertahan hidup dari pengamen anak di Sidoarjo. Kajian penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan teknik accidental. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini menggunakan studi-studi terdahulu sebagai acuan analisis temuan data. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bentuk eksploitasi yang dialami oleh pengamen anak adalah eksploitasi ekonomi. Pihak yang mengeksploitasi adalah orang terdekat dari pengamen anak yakni ibu dan kakak. Sedangkan dampak sosial dan pendidikan yang dialami oleh pengamen anak yakni tindak kekerasan berupa kekerasan ekonomi, fisik dan verbal. Selain mengalami tindak kekerasan, pengamen anak juga mengalami pergeseran pola pikir yakni lebih memilih bekerja atau mengamen agar mendapatkan uang daripada melanjutkan pendidikannya. Kemudian dalam upaya untuk bertahan hidup di jalanan, terdapat dua startegi bertahan hidup yang dilakukan oleh pengamen anak yakni membangun kesadaran dan jaringan antar sesama pengamen serta penambahan alokasi waktu pada saat mengamen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.50/16 Sho e
Uncontrolled Keywords: pengamen anak, eksploitasi, strategi bertahan hidup
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV4023-4470.7 Poor in cities. Slums
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Haris Sholihuddin, 071211431014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagong Suyanto, Dr., Drs., M. SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 30 Aug 2016 09:48
Last Modified: 30 Aug 2016 09:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41303
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item