KONSTRUKSI SOSIAL KESENIAN DONGKREK (STUDI DESKRIPTIF DALAM PAGUYUBAN DONGKREK KRIDO SAKTI DESA MEJAYAN KABUPATEN MADIUN)

FITRA HANANTO, 071211431009 (2016) KONSTRUKSI SOSIAL KESENIAN DONGKREK (STUDI DESKRIPTIF DALAM PAGUYUBAN DONGKREK KRIDO SAKTI DESA MEJAYAN KABUPATEN MADIUN). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.53-16 Han k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesenian dongkrek merupakan kesenian yang menjadi identitas khas masyarakat Desa Mejayan, Kabupaten Madiun. Sebagai sebuah identitas khas, terdapat makna dalam kesenian dongkrek yang disampaikan melalui simbolsimbol berupa peran-peran yang dimainkan oleh pemain. Sejauh ini kesenian dongkrek dikonstruksi sebagai sebuah ritual yang sakral oleh masyarakat desa Mejayan. Melalui peran-peran yang dimainkan oleh para pemain muncul berbagai konstruksi baru mengenai kesenian dongkrek. Oleh karena itu, fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana konstruksi pemain kesenian dongkrek paguyuban sanggar krido sakti terhadap kesenian dongkrek di Desa Mejayan. Penelitian ini merupakan tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan konstruktivis. Proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam. Metode pengambilan subjek penelitian yakni purposive sampling atau dengan menentukan karakteristik subjek terlebih dahulu. Analisis data dilakukan dengan teori konstruksi sosial Peter L. Berger dengan proses dialektika melalui eksternalisasi, objektivikasi dan internalisasi . Melalui analisis data diperoleh hasil tentang konstruksi pemain terhadap kesenian dongkrek di Desa Mejayan. Pertama, kesenian dongkrek sebagai pedoman berperilaku dalam masyarakat. Kedua, kesenian dongkrek sebagai pembentuk karakter pemain dan ketiga, kesenian dongkrek relevan dalam mengikuti perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.53/16 Han k
Uncontrolled Keywords: Kesenian Dongkrek, konstruksi, pemain
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
FITRA HANANTO, 071211431009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSubagyo Adam, Prof., Dr., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 31 Aug 2016 03:14
Last Modified: 08 Jun 2017 17:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41306
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item