PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DI PERKOTAAN DALAM PENGGUNAAN PRODUK PERAWATAN WAJAH DI KLINIK KECANTIKAN

Elsa Monica, 071211433038 (2016) PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DI PERKOTAAN DALAM PENGGUNAAN PRODUK PERAWATAN WAJAH DI KLINIK KECANTIKAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.60-16 Mon p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perempuan memiliki kepedulian yang tinggi dalam menjaga penampilan fisik di era modern ini. Fenomena melakukan perawatan wajah kini banyak dilakukan seiring menjamurnya klinik kecantikan di kota-kota besar. Mahasiswa sebagai kaum muda saat ini tidak lepas dari perilaku konsumtif pada produk perawatan wajah yang dijual di klinik kecantikan untuk menunjang penampilan mereka. Diawali dengan banyaknya peredaran produk perawatan wajah atau krim wajah yang dijual di klinik kecantikan. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang perilaku konsumtif mahasiswa di perkotaan pada produk perawatan wajah di klinik kecantikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara secara mendalam dan observasi lapangan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori konsumsi James P. Baudrillard dan teori Looking Glass Self Charles H. Cooley. Kemudian teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah lima orang mahasiswa yang telah lebih dari satu tahun mengonsumsi produk perawatan wajah secara aktif di klinik kecantikan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah menjamurnya klinik kecantikan di Kota Surabaya merupakan bentuk simulakra. Sementara itu, klinik kecantikan melakukan promosi secara masif melalui media cetak, elektronik, sosial media untuk menawarkan produk perawatan wajah serta keunggulan klinik kecantikan itu sendiri merupakan simulasi. Hiperrealitas yang terjadi pada mahasiswa adalah efek ketergantungan dalam mengonsumsi produk perawatan wajah sehingga perilaku konsumtif tidak dapat dihindari. Perawatan wajah yang umumnya sebagai kebutuhan sekunder bagi mahasiswa kemudian menjadi kebutuhan utama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.60/16 Mon p
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, produk perawatan wajah, klinik kecantikan, perilaku konsumtif
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3625-3649 Food. Drugs. Cosmetics
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3602-3640 School life. Student manners and customs
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Elsa Monica, 071211433038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagong Suyanto, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:17
Last Modified: 08 Jun 2017 17:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41313
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item