Interpretasi Khalayak Terhadap Gaya Hidup Travelling yang Ditampilkan Melalui Foto dalam Akun Intagram indotravellers.co

Rita Ardianti K, 071211533045 (2016) Interpretasi Khalayak Terhadap Gaya Hidup Travelling yang Ditampilkan Melalui Foto dalam Akun Intagram indotravellers.co. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.71-16 Rit i-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai interpretasi khalayak terhadap gaya hidup travelling yang ditampilkan melalui foto dalam akun Instagram @indotravellers.co. Alasan peneliti memilih topik ini adalah karena fenomena travelling yang semakin menjamur di Indonesia menjadikan travelling sebagai gaya hidup. Konsep travelling sendiri mengalami pergeseran makna, yang mulanya sebagai perjalanan atau perpindahan dengan tujuan tertentu, menjadi aktivitas yang menyenangkan bahkan gaya hidup. Sehingga menjadi menarik untuk mengetahui interpretasi khalayak terhadap gaya hidup travelling yang ditampilkan melalui foto dalam akun Instagram @indotravellers.co. Perbedaan usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, sosial ekonomi status (SES) dan aktivitas travelling informan dapat mempengaruhi interpretasi mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memahami interpretasi khalayak terhadap gaya hidup travelling yang ditampilkan melalui foto dalam akun Instagram @indotravellers.co. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode reception analysis dan teknik pengumpulan data berupa indepth interview. Penelitian ini didukung oleh teori gaya hidup menurut David Chaney, kemudian teori lain seperti identitas, fotografi dan media sosial. Dalam penelitian ini, informan menginterpretasi gaya hidup travelling yang ditampilkan melalui foto dalam akun Instagram @indotravellers.co sebagai gaya hidup seorang petualang dan gaya hidup modern. Hal tersebut dilihat oleh informan berdasarkan pemilihan destinasi travelling dan cara berpakaian, yang dinilai sesuai dengan gaya hidup seorang petualang dan gaya hidup modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.71/16 Rit i
Uncontrolled Keywords: Interpretasi khalayak, analisis resepsi, gaya hidup, travelling, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Rita Ardianti K, 071211533045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Aryani Suwito, S.S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 01 Sep 2016 07:17
Last Modified: 08 Jun 2017 17:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41327
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item