Perang dan Perempuan: Representasi Perempuan dalam Film Darah Garuda menggunakan Perspektif Poskolonialisme

RIFKA PUTRIANDINI, 071211532016 (2016) Perang dan Perempuan: Representasi Perempuan dalam Film Darah Garuda menggunakan Perspektif Poskolonialisme. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.72-16 Put p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi perempuan dalam film perang Indonesia yang berjudul Darah Garuda. Peneltiian dijalankan dengan menggunakan perspektif poskolonialisme. Signifikansi penelitian ini terletak pada perang yang seringkali diasosiasikan dengan laki-laki dan maskulinitas serta jarang merepresentasikan perempuan secara seimbang. Film Darah Garuda yang merupakan film perang Indonesia mengangkat peran perempuan dalam konteks perang dan kolonialisme. Sementara itu, Indonesia merupakan bangsa bekas jajahan sehingga perlu diadakan penelitian mengenai representasi perempuan dalam film Darah Garuda menggunakan persepektif poskolonialisme. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah perempuan dalam sudut pandang poskolonialisme, film sebagai praktik sosial, patriotism laki-laki sebagai pahlawan perang dan hilangnya perempuan, film perang sebagai genre yang tergenderkan, semiotika john fiske, dan grammar of film. Demi tercapainya penelitian dengan analisis yang mendalam, peneliti menggunakan metode semiotik John Fiske. Penelitian dilakukan secara deskriptif dengan menganalisis aspek realitas, representasi, dan ideologi. Sebagai hasilnya, perempuan dimarginalkan dalam reperesentasinya di film Darah Garuda. Ia diberdayakan dengan turut berperang, memajukan jalan cerita, menjadi sosok yang patriotik dan heroik. Tapi di sisi lain, stereotip akan keibuan dan lemahnya peremuan dilanggengkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.72/16 Put p
Uncontrolled Keywords: perempuan, perang, film perang, representasi, film
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RIFKA PUTRIANDINI, 071211532016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Ariyani S, S.Sos, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 01 Sep 2016 07:24
Last Modified: 08 Jun 2017 17:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41328
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item