SIKAP AMERIKA SERIKAT TERHADAP INVESTASI SOVEREIGN WEALTH FUND TIONGKOK DI SEKTOR-SEKTOR STRATEGIS

LARASATI ANDAYANI, 071211231001 (2016) SIKAP AMERIKA SERIKAT TERHADAP INVESTASI SOVEREIGN WEALTH FUND TIONGKOK DI SEKTOR-SEKTOR STRATEGIS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.HI.89-16 And s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari suatu pertanyaan mengapa Amerika Serikat (AS) yang memiliki regulasi ketat terhadap investasi yang dikontrol pemerintah asing menerima investasi Sovereign Wealth Fund (SWF) Tiongkok yang menyasar sektor-sektor strategis AS yang seharusnya dilindungi. Tinjauan awal dari penelitian ini menemukan bahwa dalam banyak kasus, variabel krisis menjadi variabel penting yang kemudian dapat menjelaskan mengapa suatu negara yang memiliki regulasi yang mengatur secara jelas mengenai investasi yang dikontrol pemerintah asing justru tetap menerima investasi tersebut di sektor-sektor strategisnya. Sehubungan dengan hal inilah variabel krisis menjadi pintu masuk dalam penelitian ini untuk menjawab penerimaan sikap AS terhadap investasi SWF Tiongkok di sektor-sektor strategis AS. Terlebih masuknya SWF Tiongkok di sektor-sektor strategis AS bersamaan dengan situasi pasca krisis finansial yang dialami AS pada tahun 2007/2008. Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini kemudian membangun kerangka berpikir melalui konsep global saving glut dan teori lender of last resort. Dari kerangka berpikir yang telah dibangun, penelitian ini menemukan bahwa alasan yang menyebabkan AS menerima investasi SWF Tiongkok di sektor-sektor strategis adalah karena menurunnya independensi pemerintah AS dalam penentuan investasi di sektor-sektor strategis yang diakibatkan oleh peran pemerintah yang menjalankan sebagian fungsi lender of last resort yang sebelumnya hanya menyandarkan pada fungsi bank sentral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.HI.38/16 And s
Uncontrolled Keywords: AS, SWF Tiongkok, sektor-sektor strategis, krisis finansial, lender of last resort, independensi
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
LARASATI ANDAYANI, 071211231001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Yunus, S.IP., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 02 Sep 2016 07:55
Last Modified: 17 Jul 2017 18:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41344
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item