Upaya ASEAN Menghadapi Disparitas Finansial Dalam Proses Integrasi Finansial Regional: Studi Kasus ASEAN Banking Integration Framework (ABIF)

MARCHELLA DWI PERMATASARI, 071112081 (2016) Upaya ASEAN Menghadapi Disparitas Finansial Dalam Proses Integrasi Finansial Regional: Studi Kasus ASEAN Banking Integration Framework (ABIF). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (929kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.HI.104-16 Per u.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Disparitas finansial yang sedang dihadapi oleh ASEAN merupakan salah satu faktor yang menghambat proses integrasi finansial sektor perbankan, yaitu ASEAN Banking Integration framework (ABIF). ABIF merupakan sebuah kerangka integrasi perbankan yang dipayungi oleh kerangka ASEAN Financial Integration Framework (AFIF).Pada tahun 2011 ABIF pertama kali diadopsi sebagai pilar yang mendukung integrasi AFIF.Kerangka ABIF ditujukan untuk membuka akses pasar yang lebih bebas bagi ASEAN untuk melakukan transaksi.Selain itu, dalam integrasi ABIF, negaranegara dengan bankbank yang telah memenuhi kualifikasi sebagai Qualified ASEAN Banks (QABs).QABs adalah sekumpulan bankbank dari ASEAN yang telah memenuhi prakondisi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati oleh beberapa negara yang telah menyetujui. Hal tersebut dikarenakan oleh integrasi ABIF yang akan berjalan secara bilateral dan multilateral melihat adanya perbedaan kapabilitas negaranegara ASEAN yang mengakibatkan adanya perbedaan jalur integrasi antara ASEAN5 (Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand) dan BCLMV (Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam).Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh ASEAN dalam menghadapi isu disparitas finansial pada kesepakatan yang dibentuk di dalam integrasi finansial, sektor perbankan yaitu ABIF. Dalam mengetahui upaya tersebut, akan berupaya dilihat melalui teori fungsionalisme serta melihat dalam hambatan integrasi dan mekanisme pengambilan kebijakan. Bersumber dari hal tersebut, akan terlihat bagaimana upaya ASEAN dalam melakukan integrasi perbankan di tengah berbagai tantangan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.HI.53/16 Per u
Uncontrolled Keywords: MEA, ABIF, disparitas finansial, fungsionalisme, integrasi finansial
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
MARCHELLA DWI PERMATASARI, 071112081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Yunus, S.IP., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 05 Sep 2016 02:38
Last Modified: 17 Jul 2017 18:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41359
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item