MAKNA KUASA PUSTAKAWAN (Studi Kualitatif tentang Makna Kuasa Pustakawan di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur)

M Hudhan Hakiki, 071116042 (2016) MAKNA KUASA PUSTAKAWAN (Studi Kualitatif tentang Makna Kuasa Pustakawan di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.IIP.36-16 Hak m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pustakawan merupakan salah satu bidang pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus dan juga sebuah pengetahuan didalamnya, tidak semua orang mampu dan bisa untuk menjadi seorang pustakawan. Menurut Sulistyo-Basuki untuk mendapatkan pengetahuan tentang pustakawan bisa diperoleh dari pendidikan formal ataupun pelatihan kepustakawanan. Namun pada kenyataan saat ini seperti yang kita ketahui di instansi masih terdapat pegawai yang bukan lulusan perpustakaan ataupun bahkan tidak mengetahui seluk beluk perpustaakan yang mengelola perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna kuasa pustakawan di Bapersip Jatim dengan metode purposive sampling. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang dengan kriteria tertentu. Dengan pendekatan kualitatif bertujuan agar peneliti bisa untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya di lokasi penelitian dan mampu untuk menggali informasi yang lebih dalam melalui proses observasi dan wawancara mendalam (in-depth interview). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya pustakawan yang bukan berasal dari lulusan perpustakaan cenderung untuk menurut pada yang memiliki kuasa yaitu pustakawan yang berasal dari lulusan perpustakaan dalam lingkup kerjanya. Seperti yang dikatakan oleh Michel Foucault bahwasanya sebuah kuasa hanya akan berjalan dengan adanya pengetahuan dan juga pengetahuan akan selalu menghasilkan kuasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.36/16 Hak m
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Pustakawan, Pengetahuan, Kuasa
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
M Hudhan Hakiki, 071116042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Soesantari, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 06 Sep 2016 08:31
Last Modified: 06 Sep 2016 08:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41381
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item